Enggak Nyangka, Ini Mobil yang Paling Banyak Diimpor Indonesia

Ilustrasi impor mobil
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA – Sudah sejak lama Indonesia bisa memenuhi kebutuhan sendiri dalam hal produk otomotif berupa mobil dan motor. Hal ini ditunjang dari besarnya investasi yang dikucurkan perusahaan asing, untuk membangun pabrik di Tanah Air.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dikutip VIVA Otomotif Kamis 16 Desember 2021 menunjukkan bahwa pada November kemarin ada 87.435 unit kendaraan beroda empat atau lebih yang didistribusikan dari pabrik ke diler.

Jumlah tersebut naik 15,7 persen jika dibandingkan dengan Oktober, dan rekor tertinggi di tahun ini sebelumnya terjadi pada Maret dengan angka 84.915 unit.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Kendaraan beroda empat atau lebih yang dikapalkan ke luar negeri dalam kondisi utuh atau completely built up (CBU), pada November tahun ini jumlahnya mencapai 31 ribuan unit, naik 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Toyota New Vellfire

Photo :
  • Dok: TAM
Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Sementara itu, jumlah mobil yang diproduksi secara lokal pada November tercatat sebanyak 110.887 unit atau naik 12,8 persen dari bulan sebelumnya. Angka ini juga menjadi yang tertinggi pada 2021.

Meski sudah swasembada kendaraan, namun ada beberapa model kendaraan yang masih didatangkan dari luar negeri. Jenisnya mulai dari sport utility vehicle atau SUV, hingga multi purpose vehicle atau MPV. Jumlahnya pada bulan ke-11 tahun ini mencapai 4.891 unit atau naik 38 persen dari Oktober.

Beberapa dari produk impor itu masuk ke dalam kategori mobil mewah, seperti Toyota Alphard dan Toyota Vellfire yang didatangkan dari Jepang, serta Mitsubishi Pajero Sport rakitan Thailand.

Kick sensor Mitsubishi New Pajero Sport

Photo :
  • MMKSI

Namun, kontributor terbesar di produk mobil impor justru berasal dari kendaraan pikap dan kabin ganda. Seperti Mitsubishi Triton yang jumlahnya mencapai 1.800-an unit, dan Toyota Hilux dengan angka 900-an unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya