Bocoran Fitur Toyota Fortuner Bertenaga Buas yang Hadir Bulan Ini

Toyota Fortuner 2.8 GR Sport
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Toyota Fortuner dengan mesin lebih bertenaga akan hadir dalam waktu dekat di Indonesia. Serupa dengan versi Thailand, namun sebelum resmi diluncurkan berbagai bocorannya sudah ramai menjadi perbincangan publik.

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan, 2 Pemuda Tanggung Biadab Cekoki Lalu Perkosa Siswi SMP

Berdasarkan data Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, SUV tersebut memiliki kode GUN166R dan GUN156R.

Fortuner 2.8 VRZ 4x2 transmisi matik nilai dasarnya Rp431 juta, dan 2.8 4x4 matik mencapai Rp554 juta. Jika dihitung dengan biaya pajak, hingga administrasi, harga jual Fortuner 2.800cc kasta tertinggi itu bisa sekitar Rp750 jutaan. 

Mengungkap Status Land Cruiser Pelat Nomor B3BAS yang Ugal-ugalan

Melalui Kementerian Hukum dan Ham, emblem 2.8 untuk mobil jenis SUV Toyota masuk kategori desain terbaru industri. PT TAM sebagai pemohon mendaftarkan desain ornamen belakang dengan tanggal penerimaan 23 Juli 2021.

Meski pihak produsen masih menutup rapat informasi peluncuran resminya, namun berdasarakan informasi dari beberapa tenaga penjual diler Toyota Auto2000, varian tertinggi dari Fortuner itu akan hadir di Januari 2022.

Toyota Luncurkan Innova Baru Berpenggerak Roda Belakang

Sinyal lainnya yang mengkuatkan kabar peluncuran SUV atau Sport Utility Vehicle tersebut adalah brosur yang diunggah akun Instagram @indra_fathan, seperti dikutip Viva Otomotif, Selasa 4 Januari 2022.

Berdasarkan informasi dari bocoran brosur tersebut, mesin terbaru dengan tenaga yang lebih buas itu bersarang di beberapa varian dengan penggerak dua roda dan empat roda, yaitu Fortuner 2.8 GR Sport AT 4x2, 2.8 VRZ AT 4x2, dan 2.8 GR Sport AT 4x4.

Artinya berbeda dengan pasar Thailand yang menyematkan mesin tersebut untuk varian terbaru yang diberinama Legender, dan GR Sport. Lantas seperti apa performanya?

Mesin diesel dengan 2.800cc itu dapat menyemburkan tenaga maksimal hingga 204 PS di 3.400 rpm, dan torsi 500 Nm di 1.600-2.800 rpm, disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan berteknologi Sequential Shift.

Demi mengurangi kebisingan, atau getaran ditanamkan balance shaft sebagai penyeimbang saat puncak putaran mesin. Melalui keterangan di atas kertas, fitur-fitur yang dimiliki Fortuner tersebut meliputi traksi kontrol, hill start assist, vehicle stability control, downhill assist control, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya