Enak Jadi Anggota DPR, Pakai Mobil Mewah Ganti-ganti Pelat Nomor

Mobil mewah milik anggota Komisi III DPR parkir di Gedung KPK
Mobil mewah milik anggota Komisi III DPR parkir di Gedung KPK
Sumber :
  • VIVA/Edwien Firdaus

VIVA – Kendaraan yang beredar di jalan raya wajib memiliki TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) sesuai dengan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). Setiap negara memiliki desain pelat nomor berbeda-beda.

Di Indonesia ada beberapa desain pelat nomor yang digunakan. Untuk kendaraan pribadi warga sipil berwarna dasar hitam, dilengkapi huruf dan angka kelir putih. Sedangkan, anggota kepolisian atau TNI dilengkapi angka khusus.

Plat nomor baru untuk mobil dinas anggota DPR RI. (Foto ilustrasi).

Plat nomor baru untuk mobil dinas anggota DPR RI. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • NTMC Polri

Namun tidak menutup kemungkinan warga sipil, para pejabat negara hingga anggota DPR RI bisa menggunakan mobil dengan pelat nomor khusus tersebut.

Seperti Arteria Dahlan, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan itu memiliki beberapa mobil mewah dengan pelat nomor polisi. Terungkap saat mobil terparkir di Basemen Nusantara II DPR Kompleks Parlemen, Jakarta.

Yang menjadi sorotan, pelat nomor polisi 4196-07 tersebut menempel di kelima mobil mewah miliknya, yaitu Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, All New Nissan livina, Mitsubishi Grandis, Nissan X-Trail, dan Toyota Vellfire.

“Itu pelat-pelat nomor mobil kalau gue pakai (salah satu mobil) pakai pelat DPR. Karena itu hanya pelat dasar, bukan asli,” ujar Arteria saat dikonfirmasi wartawan.