Belum Lama Hadir di RI, Fortuner GR Sport Sudah Dijual Pemiliknya

Toyota Fortuner GR Sport
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Toyota Fortuner GR Sport resmi diluncurkan pada 2021 di RI. Basiknya dari Fortuner baru yang dirilis pada Oktober 2020, sekilas body kit yang tertanam tidak ada perbedaan signifikan dari versi TRD.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Hanya beberapa aksen berwarna merah dihilangkan, dan desain peleknya berbeda. Namun spesifikasi tidak ada perubahan besar. Fortuner tipe tertinggi itu tetap dilengkapi dengan kick sensor untuk membuka bagasi.

Sehingga hanya mengayunkan kaki ke kolong bumper, bagasi sudah terbuka otomatis. Mempermudah penggunannya ketika tangan kanan, dan kiri memegang barang bawaan.

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

Lalu teknologi keamanannya juga serupa dengan versi TRD, seperti sensor yang dapat mendeteksi kendaraan dari sisi samping alias blind spot, lane departure warning, moving object detection, dan headway monitoring warning.

Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Photo :
  • Screenshoot Instagram
Parkiran Mobil di Bawah Pohon Ini Harganya Setara Rumah Mewah

Selain itu untuk mempermudah pengisian daya baterai smartphone di dalam mobil, khusus varian VRZ atau GR Sport dilengkapi wireless charging.

Soal pilihan mesin tetap sama dengan versi sebelumnya, yakni diesel berkapasitas 2.400cc dengan tenaga 149,6 PS dan torsi 400 Nm. Sedangkan untuk pilihan mesin bensin 2.700cc, tenaga maksimalnya 163 PS.

Di awal kemunculannya, mobil SUV itu sempat dibanderol lebih terjangkau karena mendapatkan isentif PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) dari pemerintah. Namun memasuki 2022 harganya terkerek naik.

Mengingat PPnBM yang diberlakukan pemerintah mengikuti hasil emisi gas buang, khusus Fortuner GR Sport 2.7 4x2 matik dilego Rp561 juta, sedangkan versi dieselnya atau GR Sport 2.4 matik 4x2 dilego Rp586,9 juta.

Jika harga tersebut masih terlalu tinggi, konsumen bisa melirik dalam kondisi bekas. Meski berstatus produk baru, ternyata ada beberapa pemilik yang sudah menjualnya, seperti yang disampaikan Marketing LB Auto Riswan Susilo.

Pedagang mobil bekas di kawasan Sunter, Jakarta Utara itu menyebut, bahwa Fortuner GR Sport sudah tersedia dalam kondisi bekas pakai. Menurutnya sebagian pengguna memiliki alasan masing-masing menjual mobilnya.

“Harganya tipis tapi saya yang baru, soalnya beli dari pemiliknya sudah mahal. Ada GR Sport diesel 4x2 Rp500 jutaan,” ujarnya kepada Viva Otomotif, Rabu 2 Februari 2022.

Sementara berdasarkan penelusuran di berbagai platform jual beli online, banderol Fortuner tipe tertinggi itu mulai dari Rp549 juta sampai Rp550 juta dengan jarak tempuh yang masih rendah.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya