Beberapa Mobil Kencang di Dunia Pakai Mesin Yamaha

Mobil bekas Lexus LFA yang hanya ada 500 unit di dunia
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Yamaha dikenal sebagai salah satu produsen sepeda motor, yang produknya terkenal di seluruh dunia. Rata-rata kendaraan yang mereka ciptakan, memiliki kemampuan yang tinggi.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Nama Yamaha juga identik dengan merek yang kerap jadi sorotan, di ajang balap MotoGP. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa perusahaan asal Jepang itu juga lihai dalam membuat mesin untuk mobil.

Salah satu yang terbaru, yakni kolaborasi Yamaha dengan Toyota di mana mereka mengembangkan jantung pacu delapan silinder 5.000cc yang sebelumnya dipasang di Lexus RD F Coupe. Ubahan dilakukan, supaya mesin tersebut bisa menggunakan bahan bakar hidrogen.

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

Dikutip VIVA Otomotif dari Carscoops, Senin 28 Februari 2022, Toyota dan Yamaha sedang bersiap untuk kolaborasi dalam upaya memperpanjang umur teknologi pembakaran, sembari memenuhi target udara yang lebih bersih.

Mesin V8 5.000cc rancangan Yamaha untuk Toyota.

Photo :
  • Carscoops
Parkiran Mobil di Bawah Pohon Ini Harganya Setara Rumah Mewah

Yamaha menyatakan, mesin tersebut nantinya akan menghasilkan 444 daya kuda dan torsi 540 Newton meter. Salah seorang insinyur Yamaha Takeshi Yamada mengatakan bahwa mesin desainnya sama namun karakter bensin dan hidrogen berbeda ketika masuk ke dalam mesin.

Yamaha bukan pemain baru di bidang mesin mobil. Mereka sejak puluhan tahun lalu sudah membuat blok mesin maupun kepala silinder, untuk beberapa kendaraan beroda empat termasuk kolaborasi dengan Toyota.

Misalnya kepala silinder 4A-GE yang dipasang di Toyota 2000GT lansiran 1967, kemudian mesin 3.000cc milik Ford Taurus SHO. Mereka juga membuat mesin delapan silinder 4.400cc untuk Volvo XC90 dan S80.

Beberapa kepala silinder dari mesin berperforma tinggi, juga dirancang oleh Yamaha. Misalnya yang ada di Lexus LFA, Toyota MR2 dan Toyota Celica. Dan yang cukup menghebohkan, mereka juga pernah terjun ke balap Formula One sebagai penyedia jantung pacu untuk tim Arrows.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya