Gak Nyangka, Ternyata Mobil Honda Ini Cuma Terjual 1 Unit di RI

Mobil Honda di Jakarta Auto Week 2022
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA – Sepanjang Februari 2022 sebanyak 8.478 unit mobil Honda terjual ke konsumen, angka tersebut meningkat 9,7 persen dibandingkan Januari yang hanya 7.727 unit. Ada dua model yang menjadi penyumbang terbesar.

Terpopuler: Harga Plus Pajak Tahunan Mobil Bekas Honda Brio dan Daihatsu Xenia

Model pertama yang menjadi primadona adalah Honda Brio, mobil perkotaan tersebut terjual 4.573 unit, tipe terlarisnya adalah Satya yang masuk kelas Low Cost Green Car dengan penjualan 3.424 unit, dan Brio RS 1.149 unit.

Mobil yang diproduksi lokal oleh PT Honda Prospect Motor tersebut berkontribusi 54 persen dari total penjualan mobil Honda di Tanah Air, atau naik 14,5 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Cari Honda Brio Bekas? Ini Daftar Harga dan Pajak Tahunannya

Kemudian All New Honda BR-V menjadi model kedua yang terlaris. Mobil Low SUV atau Sport Utility Vehicle buatan lokal itu menyumbang penjualan 1.546 unit di bulan lalu atau berkontribusi 18 persen dari total penjualan.

All New Honda BR-V

Photo :
  • Dok: HPM
Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan, meskipun produksi belum sepenuhnya pulih, Honda Brio kembali menjadi model dengan penjualan tertinggi selama bulan lalu.

“Saat ini kami terus memaksimalkan kapasitas di dua lini produksi kami untuk memenuhi permintaan konsumen yang tinggi untuk Brio,” ujar Billy dikutip Viva Otomotif dalam keterangan resminya, Selasa 22 Maret 2022.

Di balik hasil positif tersebut, ternyata ada dua model yang hanya terjual satu unit di bulan lalu. Mobil tersebut adalah Honda Mobilio yang sempat diberhentikan produksinya, dan Civic Type R sebagai model termahal di RI.

Sebelumnya sempat diisukan bahwa Mobilio akan disuntik mati, mengingat dalam data Gaikindo namanya menghilang dari daftar produk Honda. Terakhir pendistribusian unit ke diler pada Desember tahun lalu.

Menanggapi hal tersebut, Billy sempat menjelaskan, beberapa komponen Mobilio digunakan untuk Brio terlebih dahulu, sehingga produksinya sempat diberhentikan karena hal tersebut. Mengingat peminat Brio jauh lebih besar.

“Bukannya Mobilio itu disetop, enggak. Kami hanya lebih mengutamakan produksi Brio karena permintaan lebih tinggi,” kata Billy.

Sementara melalui pameran Jakarta Auto Week yang berlangsung pada 12-20 Maret 2022, Honda mencatatkan penjualan sebanyak 636 unit, dan Brio lagi-lagi menjadi yang terlaris dengan terjual 310 unit, dan BR-V 128 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya