2 Truk Canggih Fuso Mengaspal di Indonesia

Truk Mitsubishi Fuso Canter.
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Mitsubishi Fuso memiliki satu produk yang menjadi legenda di Indonesia, yakni Mitsubishi Canter. Namun, di Tanah Air kendaraan komersial ini lebih dikenal dengan nama Colt Diesel atau Si Kepala Kuning.

Truk Tabrak Mobil Bak Terbuka di Sukabumi, Tewaskan Anggota KNPI

Truk ini menjadi cikal bakal dari kesuksesan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation, yang saat ini hadir dengan bendera PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

Fuso Canter pertama kali didatangkan ke Indonesia pada 1970 oleh PT New Marwa, yang ditunjuk sebagai distributor resmi Mitsubishi.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Sejak itu, model Colt Diesel terbaru terus dihadirkan untuk menemani masyarakat dalam proses pembangunan negeri ini. Produk yang dihadirkan mulai dari Colt Diesel T120, T200, serta FE 101 dan FE 111 yang memiliki ciri khas warna kuning. KTB kemudian berekspansi ke model yang lebih besar, seperti Fuso FM 215 F dan FM 516F.

Truk Mitsubishi Fuso Canter.

Photo :
  • Tangkapan layar
Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

Pada hari ini, PT Mitsubishi Krama Yudha Tiga Berlian Motors meluncurkan generasi terbaru dari Fuso Canter yang menggunakan teknologi canggih, supaya lebih ramah lingkungan.

Truk baru ini dibekali jantung pacu yang sudah menerapkan standar emisi Euro 4, sesuai dengan rencana pemerintah yang mewajibkan semua kendaraan bermesin diesel menggunakan standar tersebut mulai April mendatang.

Peluncuran truk Mitsubishi Fuso Canter dan Fighter X Euro 4.

Photo :
  • Dok: KTB

Teknologi common rail injection yang dipakai untuk sistem pengabutan, menjadi andalan serta diklaim aman dipakai oleh jenis bahan bakar minyak B30. Ada 15 varian dari Fuso Canter yang disiapkan KTB, dan sudah memakai standar emisi Euro 4.

Pada kesempatan yang sama, KTB juga menghadirkan truk Fuso Fighter X yang juga dibekali dengan standar emisi Euro 4. Model ini tersedia dalam 14 varian.

Presiden Direktur KTB, Nobukazu Tanaka mengatakan bahwa Colt Diesel akan berganti nama menjadi Canter, dan Fighter akan berubah nama menjadi Fighter X.

“Kami berkomitmen, untuk terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan layanan kepada pelanggan di seluruh Indonesia,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Kamis 24 Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya