Pelek Mobil Buatan Lokal Jadi Sorotan di Amerika Serikat

Nissan Skyline GT-R R32 memakai pelek buatan Indonesia.
Sumber :
  • Dok: Jon Leu

VIVA – Industri otomotif Indonesia sudah sangat dikenal di manca negara, setiap tahun ada ratusan ribu unit mobil yang dikapalkan secara utuh maupun terurai ke berbagai benua.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Bukan hanya kendaraan, bahkan produk aftermarket dan aksesori lokal juga banyak diminati oleh orang di luar negeri. Salah satu contohnya, yakni pelek mobil buatan HSR Wheel.

Salah satu produk andalan mereka, yakni HSR Forged dipesan oleh seseorang yang terkenal di dunia otomotif di Amerika Serikat. Ia adalah Jon Leu, yang menjabat sebagai Manajer Desainer untuk perusahaan Faraday Future.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Jon juga mendirikan perusahaan Protokraft, yakni rumah modifikasi yang menyediakan komponen dan jasa modifikasi di AS. Ia tertarik dengan produk rancangan HSR Wheel, dan kemudian menghubungi Shane Sumampouw sebagai konsultan desain pelek HSR Forged.

Mereka kemudian berdiskusi, dan melahirkan pelek yang diberi nama HSR Forged Myth Wasile. Produk ini kemudian dikirim ke Jon dan dipasangkan ke Nissan Skyline GT-R R32 milik Jon.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Proses perancangan desainnya membutuhkan waktu tiga bulan, dan kemudian tambahan dua bulan untuk proses produksi yang menggunakan teknik forged demi menghasilkan kekuatan maksimal agar tetap stabil saat mobil dipacu kencang.

Pelek HSR Forged Myth Wasile.

Photo :
  • Dok: Jon Leu

“Tantangan ini juga untuk membuktikan, bahwa HSR Forged mampu memenuhi kebutuhan pasar otomotif dengan baik dari akurasi desain, performa hingga durabilitas sebuah pelek buatan Indonesia,” ujar Direktur Marketing HSR Wheel, Hendra Wijaya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 14 Mei 2022.

Pelek yang memiliki spesifikasi lingkar 18 inci serta lebar 10 inci itu, kemudian diuji Jon mulai dari dari Los Angeles yang jalurnya banyak lubang sampai ke sirkuit Willow Spring.

Pada akun Instagram-nya, Jon membagikan foto pelek berbanderol Rp24 juta itu dan langsung mendapat sambutan meriah dari para penggemarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya