Tingkatkan Ekspor Mobil, Indonesia Belajar dari Jepang

Ekspor mobil di Pelabuhan Patimban.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Perindustrian terus berupaya menumbuhkan industri otomotif di Tanah Air. Salah satu langkah yang dilakukan, yakni bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency.

Bea Cukai, LPEI BI, dan Kedubes Malaysia Gelar Asistensi dan Bussiness Matching UMKM di Bekasi

Diharapkan melalui usaha tersebut, hasil kajian-kajian di sektor otomotif dari JICA dapat diterapkan di industri otomotif d Tanah Air. Kedua pihak akan melangsungkan kerja sama, dalam kerangka Program Pembangunan Industri Otomotif 2022-2025.

“Kami sangat mengapresiasi kajian mendalam oleh JICA yang dibutuhkan oleh sektor otomotif,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, Taufiek Bawazier melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 30 Mei 2022.

Pemanfaatan Fasilitas Kepabeanan Bikin Ekspor dan Penyerapan Tenaga Kerja Terus Meningkat

Taufiek menuturkan, ada tiga pilot project yang bakal dilakukan sebagai implementasi dari program kerja sama tersebut. Mulai dari program matchinghub, program pendampingan riset dan pengembangan, serta program pengembangan strategi ekspor untuk industri otomotif Indonesia.

Ekspor Mobil Indonesia Meningkat

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

“Riset dan kajian adalah modal yang penting, bagi penyusunan kebijakan pengembangan industri otomotif. Kami sangat berterima kasih kepada JICA, yang melaksanakan kajian-kajian untuk mengambil kebijakan yang terbaik,” tuturnya.

Sebagai informasi, industri otomotif Indonesia saat ini sudah berangsur pulih usai dihantam badai pandemi. Tidak hanya angka penjualan di dalam negeri, jumlah kendaraan yang dikapalkan ke berbagai negara juga mengalami kenaikan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, pada April kemarin ada 36.211 unit mobil dan kendaraan roda empat atau lebih yang dikapalkan ke luar negeri.

Jumlah itu hanya mengalami sedikit penurunan, jika dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 38.892 unit. Tapi apabila dikomparasi dengan bulan yang sama tahun lalu, maka ada peningkatan sebanyak 52 persen.

Dengan perolehan tersebut, maka selama empat bulan pertama di tahun ini sudah ada lebih dari 131 ribu unit mobil yang diekspor dalam kondisi utuh atau completely built up.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya