Honda HR-V Baru Lebih Mahal, Tapi Lebih Laku dari Hyundai Creta

All New Honda HR-V.
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA – All New Honda HR-V, dan Hyundai Creta adalah mobil baru yang sedang menjadi sorotan. Sama-sama diproduksi lokal, dengan spesifikasi saling bersaing namun harga kedua SUV atau Sport Utility Vehicle itu berbeda jauh.

Gak Heran Kalau Astra Nyerah, Cuma Segini yang Beli Mobil Peugeot di RI

Hyundai Creta ditawarkan lima varian, belum termasuk warna khusus atau two tone. Mobil SUV buatan Cikarang, Jawa Barat tersebut dibanderol mulai Rp281,5 juta tipe Active manual, sampai Rp401 juta Prime IVT matik.

Hyundai Creta

Photo :
  • VIVA/Jeffry
Ukur Diri Dulu Sebelum Kredit Pajero Sport, Segini Gaji yang Pantas

Artinya jauh lebih murah dibandingkan HR-V generasi baru. Untuk tipe terendahnya, yaitu S CVT sudah menyentuh angka Rp362,9 juta, dan varian tertinggi mencapai setengah miiliar rupiah, atau Rp513,9 juta untuk RS Turbo.

Soal fitur sama-sama bersaing, HR-V terbaru dilengkapi teknologi keselamatan Honda Sensing untuk semua varian, yang dapat memberikan perlindungan kepada pengemudi dan penumpang, dengan memberikan peringatan secara otomatis, hingga mengambil tindakan untuk mengurangi resiko kecelakaan. 

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Hyundai Creta juga dibekali fitur serupa yang dapat memudahkan pengemudi saat berkendara, serta sistem konektivitas yang disebut Bluelink. Sehingga mobil dapat terhubung dengan smartphone layiknya Wuling Almaz RS.

Soal jantung pacu, SUV buatan brand berlogo H miring tersebut dipersenjatai mesin bensin 1.500cc bertenaga 115 PS di 6.300 rpm, dan torsi 144,1 Nm di 4.500 rpm. Disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan, dan matik IVT (Intelligent Variable Transmission) ke roda depan.

Sedangkan HR-V terbaru ditawarkan dua pilihan, yang pertama 1.500cc DOHC i-VTEC natural aspirated dengan tenaga 121 PS di 6.600 rpm, dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm. Artinya di atas kertas lebih bertenaga dibandingkan Creta.

Disalurkan melalui matik CVT (Continously Variable Transmission), diketahui HR-V terbaru tidak lagi memiliki pilihan transmisi manual seperti generasi sebelumnya.

Khusus varian tertinggi, mobil SUV buatan Honda itu dipersenjatai mesin turbo dengan volume silinder yang serupa. Namun secara tenaga jauh lebih besar, yakni 177 PS di 6.000 rpm, dan torsi puncaknya 240 Nm di 1.700-4.500 rpm.

Bermodal spesifikasi tersebut, ternyata SUV buatan brand berlogo H tegak itu lebih laris meskipun harganya mahal. Seperti yang terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo.

Penjualan HR-V dari pabrik ke diler bulan lalu 1.799 unit. Angka tersebut belum memenuhi permintaan konsumen yang rela inden berbulan-bulan. Jika terhitung sejak pertama kali dirlis pada Maret 2022, total wholesalesnya 4.945 unit.

Sementara Creta yang dijual lebih dulu sejak tahun lalu hanya mencatatkan penjualan 1.072 unit dari pabrik ke diler pada Mei tahun ini. Di mana varian tertinggi, yaitu 1.5 Prime Two Tone menjadi penyumbang terbanyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya