Mobil Canggih DFSK Ini Jadi yang Pertama di Indonesia

DFSK Gelora E di Bali
Sumber :
  • Dok: Sokoindo Automobile

VIVA Otomotif – DFSK merupakan salah satu pabrikan otomotif, yang turut serta meramaikan pasar kendaraan di Indonesia. Mereka awalnya bermain di sektor mobil komersial, namun kemudian aktif mengembangkan Sport Utility Vehicle.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 2 Mei 2024

Model DFSK Super Cab menjadi tulang punggung penjualan mereka di Tanah Air, namun sejak beberapa tahun lalu perusahaan asal Tiongkok tersebut mulai memasarkan kendaraan komersial jenis minibus dan blind van dengan nama DFSK Gelora.

Tak berhenti sampai di situ saja, PT Sokonindo Automobile sebagai agen pemegang merek juga turut menghadirkan versi canggihnya, yakni DFSK Gelora E. Perbedaan ada pada sistem penggerak, yang sepenuhnya menggunakan energi listrik.

Bluebird Kenalkan Armada Taksi Listrik Baru di PEVS 2024

Hal itu kemudian menjadi mereka sebagai yang pertama di Indonesia, yang secara resmi memperkenalkan dan menjual mobil listrik niaga ringan di Indonesia. Salah satu tujuannya, yakni mendukung percepatan elektrifikasi kendaraan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2019.

Uji coba mobil listrik DFSK Gelora E di Danau Toba.

Photo :
  • Dok: Sokoindo Automobile
Kecelakaan di Tol Japek, Avanza Kebakar Mobil Pikap Terbalik

“Kendaraan ini dirancang untuk memberikan kemudahan dan solusi mobilitas untuk berbagai sektor usaha, hemat energi dan pastinya ramah lingkungan,” ujar Public Relations and Media Manager Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi melalui keterangan resmi, dikutip Minggu 31 Juli 2022.

DFSK Gelora E menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor bertenaga maksimal 60 kilo Watt hours, dan torsi maksimal mencapai 200 Newton meter. Baterai yang digunakan memakai teknologi Lithium-ion dengan kapasitas 42 kilo Watt hours, yang sanggup untuk dipakai sejauh 300 kilometer sebelum harus diisi ulang kembali.

Proses pengisiannya tidak memerlukan waktu yang lama, berkat dukungan fast charging sehingga pengisian daya dari 20 persen ke 80 persen hanya membutuhkan waktu 80 menit. Apabila ingin menggunakan listrik rumah, maka dibutuhkan aliran 220 Volt dengan arus sebesar 16 Ampere, atau kira-kira 3.500 Watt.

Kendaraan yang ikut meramaikan pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 tersebut, sedang diuji coba di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara yang menjadi percontohan dalam penggunaan mobil listrik di area Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Gelora E juga dipakai oleh Damri di Bandara Soekarno-Hatta.

Damri uji coba mobil listrik DFSK Gelora E.

Photo :
  • Dok: DFSK

“Penggunaan DFSK Gelora E menjadi salah satu langkah dalam menjaga kelestarian lingkungan wisata, agar tetap menarik dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan,” tutur Rofiqi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya