BMW Bikin Sirkuit untuk Uji Coba Mobil Tanpa Sopir

Logo Baru BMW.
Sumber :
  • BMW.

VIVA Otomotif – Teknologi yang terdapat di dalam mobil semakin modern, berkat teknologi modern tersebut kini sopir lebih mudah mengendarai mobil, apalagi para pabrikan seperti BMW nantinya akan mengembangkan teknologi kendaraan otonom.

Kaum Mendang-mending Jangan Kaget dengan Harga Mobil Listrik BMW i5, Incar Pejabat dan Sultan

Tentunya kemajuan teknologi juga harus diimbangi dengan fasilitas lainnya, seperti arena uji coba untuk mendukung penggunaan teknologi sebelum ditawarkan ke pasar.

Karena hal tersebut penting, sehingga BMW Group akan membangun dua trek khusus, yang disiapkan untuk menguji kendaraan otonom layaknya Tesla di Karlovy, Jerman.

BMW Cetak Sejarah Baru di Indonesia

Di lokasi pengujian baru ini, BMW Group akan menguji seluruh inovasi yang telah dikembangkan. Saat ini fasilitas itu masih dalam tahap pembangunan. Hanya saja sirkuit khusus sudah bisa digunakan 100 persen.

Mobil BMW yang menjajal sirkuit sentul

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur
Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Rencananya fasilitas uji coba itu akan mulai dibuka tahun depan. “Kami sekarang menguji sistem bantuan baru dari sudut pandang keselamatan pengemudi dan memajukan pengembangan skenario pengujian lebih lanjut, ” ungkap Andreas Heb, Project Manager BMW Group, dikutip dari laman BMW Group, Rabu 3 Agustus 2022.

Di area sekitar sirkuit telah disiapkan jalan raya mengemudi otonom sepanjang enam kilometer, sehingga area sirkuit tersebut dibuat khusus untuk menguji kendaraan otonom di jalan raya.

Area pengujian telah dilengkapi dengan dua jalur fungsional dan jalur berhenti darurat, serta jalan lurus berukuran lebih dari 1.000 meter.

“Lokasi pengembangan pertama BMW Group di Eropa Tengah menciptakan peluang baru. Sokolov menawarkan kondisi ideal dan lahan yang cocok untuk memperluas lokasi pengujian kami,” bilang Robert Thurner, Kepala Grup BMW Wilayah Manajemen Real Estat Eropa, Timur Tengah, Proving Ground.

BMW memang belum mengadaptasi teknologi otonom. Saat ini, baru Tesla, General Motors, dan Ford yang sudah mengenalkan teknologi mobil otonom.

Bahkan, Tesla engklaim telah berhasil mencapai teknologi otonom level 4 atau Full Self Driving. Lewat teknologi itu mobil buatan mereka bisa berjalan, bermanuver sendiri sesuai dengan kondisi jalan.

Tapi dengan rencana pembuatan sirkuit uji coba kendaraan otonom ini, artinya BMW tidak tinggal diam, dan akan mengembangkan teknologi kendaraan otonom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya