Ini Bahayanya Jika Truk ODOL Masuk Jalan Tol

Penertiban Truk ODOL di Tol Jakarta-Tangerang.
Sumber :
  • Dokumentasi Jasa marga.

VIVA Otomotif – Truk ODOL (Over Dimension dan Over Load), atau muatan yang berlebih punya dampak negatif baik terhadap keselamatan maupun infrastruktur.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Salah satu faktor yang menyebabkan kondisi jalan tol mudah rusak dan berlubang, serta dapat menimbulkan resiko kecelakaan itu disebabkan oleh kendaraan dengan kapasitas beban yang lebih atau dikenal sebagai ODOL.

Pasalnya keberadaan truk ODOL dinilai sangat merugikan operator jalan tol l, dan meningkatkan risiko kecelakaan, serta inefisiensi akibat kondisi jalan rusak yang ditimbulkan.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Seperti dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol, kerusakan jalan akibat ODOL juga memicu peningkatan anggaran untuk pemeliharaan jalan nasional, jalan tol, dan jalan provinsi dengan rata-rata Rp 43,45 T per tahun.

Menperin, Dirjen Hubdar dan Ketua Gaikindo memotong bak truk ODOL

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali
Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

Sehingga truk ODOL dinilai sangat merugikan operator jalan tol dan meningkatkan risiko kecelakaan, serta inefisiensi akibat kondisi jalan rusak dan meningkatkan polusi udara akibat gas buang yang berlebih yang ditimbulkan.

Berdasarkan data Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), dikutip Rabu 31 Agustus 2022, kendaraan yang paling banyak melakukan pelanggaran Over Dimension dan Over Load (ODOL) adalah golongan II dan III, namun untuk kendaraan Gol IV dan V sudah mulai tertib.

Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), telah melakukan inovasi penerapan teknologi mesin Weight In Motion (WIM) yang terpasang di 10 ruas jalan tol, dan rencananya akan ditambah pemasangan di 23 ruas Jalan Tol. 

Salah satu inovasi penerapan teknologi mesin Weight In Motion (WIM) juga dipasang pada Gerbang Tol salah satunya yang diterapkan pada pintu masuk menuju Pulau Sumatera tepatnya di Gerbang Tol Bakauheni Selatan Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar. 

Kemudian nantinya kendaraan berat yang akan masuk ke jalan tol, langsung diberikan sanksi terkait sesuai dengan karcis kendaraan yang Over Dimension dan Over Load dan akan dikeluarkan secara langsung di pintu tol terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya