Mobil Listrik Bertenaga Surya Ini Siap Diproduksi Massal

Mobil listrik bertenaga surya bernama Sono Sion
Sumber :
  • Sono Motors

VIVA Otomotif – Belum lama ini, perusahaan otomotif bernama Sono Motors Co menghadirkan produk baru di pasar otomotif secara global. Kendaraan roda empat ini diberi nama Sono Sion, sebagai mobil listrik tenaga surya pertama di dunia yang akan masuk ke lini produksi.

Mobil Listrik Baru Buatan Bekasi Sudah Dipesan Ratusan Orang

Diketahui, kendaraan ramah lingkungan tersebut akan siap diproduksi massal dalam waktu dekat. Hal itu dikarenakan, perusahaan asal Jerman ini memberitahu model tersebut telah dipesan 20 ribu unit lebih sampai awal bulan ini.

Dikutip VIVA dari HindustanTimes, Selasa 6 September 202, dari pemesanan itu mereka telah menerima pembayaran rata-rata sekitar 2.000 euro atau setara Rp29 juta. Uang tersebut nantinya digunakan untuk investasi dan produksi terhadap model listrik.

Mobil Listrik Wuling Laku Keras di PEVS 2024

Mobil listrik bertenaga surya bernama Sono Sion

Photo :
  • Sono Motors

Secara spesifikasi, Sono Sion ini menawarkan permukaan datar mobil ini dilengkapi panel surya, yang sangat berbeda dengan Genesis Electrified G80 yang dilengkapi panel surya untuk pembangkit listrik. Ditambah, model ini mendapatkan panel surya di kap mesin, atap, sepatbor, panel seperempat, dan palka juga.

GAC Aion Pakai Teknologi Canggih Untuk Baterai Mobil Listrik Produksinya

Selain itu, pada bagian fasia depan mobil listrik ini dilengkapi dengan sel surya. Hal itu disematkan agar biaya penggantian murah jika terjadi kecelakaan. Perusahaan memberitahu kendaraan ramah lingkungan ini dilengkapi dengan total 456 sel surya, mampu menghasilkan listrik yang cukup untuk menggerakkan kendaraan.

Sebagai kendaraan listrik, Sono Sion mengusung mesin baterai 54 kWh yang mampu menempuh jarak sebesar 305 km dengan sekali pengisian daya. Pembuat EV itu telah membatasi kapasitas pengisian untuk baterai kecil hanya 75 kW.

Ditambah, mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi pengisian dua arah yang memungkinkan mobil berubah menjadi pembangkit listrik bergerak dengan output daya hingga 2,7 kW.

Sebagai tambahan informasi, untuk harga satu unit produk kendaraan bertenaga surya ini dibanderol 25.126 euro atau setara Rp371 juta. Perusahaan percaya bahwa mobil ini akan menjadi Solar EV pertama di dunia untuk massa dengan label harga terjangkau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya