Kia Tarik Puluhan Ribu Produk Mobil Karena Masalah Ini

Seremoni peluncuran logo baru Kia mobil untuk pasar otomotif dunia.
Sumber :
  • Kia

VIVA Otomotif – Sebagai produsen mobil pasti mengambil keputusan untuk recall, lantaran ada perbaikan terhadap produk meski sudah di tangan konsumennya. Hal itu dilakukan oleh mereka sebagai bagian dari tanggung jawab terhadap produknya.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Kabar terbaru, perusahaan asal Korea Selatan yakni Kia baru saja melakukan recall terhadap produknya yang sudah di tangan konsumen. Ada beberapa model yang ditarik oleh perusahaan, termasuk model terbaru.

Dikutip VIVA dari Hindustantimes, Senin 26 September 2022, langkah ini dilakukan di Amerika Serikat. Perusahaan menarik lebih dari 70.000 unit mobil yang terdiri dari model Sorento dan Sportage. Diketahui, kedua model tersebut merupakan kendaraan unggulan yang dijual perusahaan.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

KIA Sorento edisi 2021

Photo :
  • Dok: KIA

Kia melakukan penarikan terhadap dua model tersebut, lantaran bagian kelistrikannya dapat mengakibatkan insiden kebakaran. Kasus ini mirip dengan sebelumnya, tetapi sedikit berbeda dalam hal komponen.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) di sana melaporkan bahwa cacat tersebut terletak di dalam modul harness tow hitch, yang dapat terbakar saat mengemudi atau bahkan saat kunci kontak dimatikan. 

Mereka mengklaim bahwa lebih dari 22.000 mobil yang ditarik memiliki sistem kelistrikan pada bagian towing, sementara hampir 49.000 unit memasang aksesori di diler. Unit tersebut, termasuk model Kia Sorento yang terkena dampak dalam seri 2016, dan beberapa diproduksi hingga 27 Oktober tahun 2014.

Bahkan beberapa model Kia Sorento PHEV 2023 juga terpengaruh. Untuk, model Kia Sportage yang terpengaruh diproduksi antara 10 Desember 2015 dan 7 Desember 2021. Jika masalah tersebut dibiarkan, maka bisa menyebabkan masalah yang fatal.

Lebih jelasnya menurut dokumen dari perusahaan, penarikan tersebut dilakukan karena kelembapan pada papan sirkuit cetak (PCB) modul tow hitch harness dapat mengakibatkan korsleting listrik, sehingga meningkatkan risiko kebakaran modul tow hitch harness.

Sebagai tambahan informasi, penarikan ini serupa dengan penarikan sebelumnya yang melibatkan Hyundai Palisade dan Kia Telluride. Dalam penarikan terakhir, pemilik kendaraan telah disarankan untuk parkir di luar sampai masalah teratasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya