Mengejutkan, Puan Maharani Punya Mobil yang Bukan Sembarangan

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • Twitter Puan Maharani @puanmaharani_ri

VIVA Otomotif – Ketua DPR RI, Puan Maharani belakangan ini selalu menjadi perbincangan. Yang terbaru terkait ekspresi wajahnya ketika membagikan kaus ke warga di wilayah Jawa Barat.  

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Sebelumnya Puan menjadi sorotan lantaran mendapatkan ucapan ulang tahun di tengah sidang paripurna, padahal di luar gedung DPR banyak pendemo sedang memprotes kenaikan harga BBM.

Namun di luar dari polemik tersebut, diketahui anak mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri itu memiliki ketertarikan khusus dengan otomotif. Hal itu terlihat dari koleksi kendaraan di dalam garasi rumahnya.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Ilustrasi mobil Ketua DPR RI Puan Maharani, Volkswagen Karmann Ghia

Photo :
  • National Geographic

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2017 lalu, koleksi kendaraan Puan Maharani nilainya Rp1,530 miliar, tidak sebanding dengan jenis, model, atau tipe kendaraan yang dimilikinya.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Dari angka tersebut terdapat tiga motor Harley-Davidson, tiga mobil Mercedes-Benz, Volkswagen Beetle, Toyota Land Cruiser, Daihatsu Taruna, dan satu unit mobil antik yang sangat legendaris, yaitu Volkswagen Karmann Ghia.

VW Karmann Ghia lansiran 1961 itu nilainya hanya tercatat Rp65 juta. Memang harga mobil klasik asal Jerman tersebut tidak bisa dipukul rata, karena banderolnya terbilang abu-abu atau tidak menentu tergantung pembelinya.

“Bahannya (kondisi apa adanya) saja sudah enggak dapet Rp65 juta. Pasarannya kalau Karmann Ghia sekarang sudah miliaran yang sudah jadi (kondisi bagus). Saya pernah dengar ada yang sekitar Rp1,5 miliar,” ujar salah satu anggota komunitas VW klasik saat dikonfirmasi Viva.

Lebih lanjut dia menjelaskan, populasi mobil tersebut di dunia juga tidak banyak terlebih di Indonesia maka dari itu banderolnya selangit. Karena sudah collectible item, bahkan ada juga yang pernah jual di atas Rp2 miliaran.

“Saking jarangnya, kini beberapa work shop VW di Indonesia membuat replica Karmann Ghia. Mirip banget seperti aslinya, ada di Bandung, Yogyakarta dan Semarang. Jadi bodi buat sendiri, sasisnya ada yang bikin ada juga dari VW Variant Type 3,” tuturnya.

VW Karmann Ghia lansiran 1965 dibekali mesin bensin berjenis boxer empat silinder 1.285cc. Untuk sistem pengabutannya tentu masih karburator, dan tenaga yang dihasilkan juga tidak sebesar mobil masa kini.

Karmann Ghia hanya mampu menyemburkan tenaga maksimal 40 daya kuda di 4.000 rpm dan torsi 92 Newton meter di 4.000 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi manual empat percepatan ke roda belakangnya.

Mobil coupe bergaya retro tersebut memang bukan untuk berakselerasi. Sebab mesin sejajar miliknya tersebut hanya bisa mencapai kecepatan maksimal 128 kilometer per jam, dan untuk mencapai 100 km per jam butuh waktu 27 detik.

Artinya cukup lamban jika dibandingkan mesin mobil masa kini dengan kapasitas yang sama. Karmann Ghia diproduksi pada 1955 sampai 1974, dimensinya cukup panjang yakni 414 centi meter, lebarnya 163,4 cm dan tinggi 133 cm.

Mobil klasik buatan tangan Wilhelm Karmann itu ditawarkan dalam konfigurasi dua penumpang dengan dua model, yakni coupe dan cabriolet atau atap terbuka. Mobil ini juga yang menjadi cikal bakal lahirnya VW Scirocco menurut beberapa sumber.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya