Bukan Enggak Laku, Ini Alasan All New Toyota Vios Diimpor dari Thailand

VIVA Otomotif: All New Toyota Vios 2022
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA Otomotif – Toyota Vios generasi terbaru akhirnya resmi diperkenalkan di Indonesia, acara peluncuran dilakukan secara virtual oleh PT Toyota-Astra Motor. Mereka mengaku, banyak ubahan yang dilakukan pada mobil berjenis sedan tersebut.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto mengatakan bahwa sejak diperkenalkan perdana pada 2003, sedan Vios telah membukukan penjualan retail lebih dari 130.000 unit.

“Sebagai bentuk apresiasi, hari ini kami hadirkan All New Vios dengan platform baru dan all new design pada seluruh aspek eksterior dan interior, serta peningkatan safety feature dan tambahan advance teknologi,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip Rabu 12 Oktober 2022.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Henry menuturkan, All New Toyota Vios memiliki panjang 4.410 milimeter, lebar 1.740 mm, tinggi 1.480 mm, dan jarak sumbu roda 2.620 mm. Dengan dimensi yang lebih lebar 10 mm, lebih rendah 20 mm serta wheelbase bertambah 70 mm dibanding generasi sebelumnya, membuat kendaraan ini menjadi lebih stabil dan nyaman.

VIVA Otomotif: All New Toyota Vios 2022

Photo :
  • Dok: TAM
Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Sedan ini mengadopsi mesin baru berkode 2NR-VE 1.496 cc empat silinder, yang mampu menghasilkan 106 daya kuda dan torsi 138 Newton meter. Jantung pacu ini memiliki kode yang sama dengan model Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru.

Masuk ke bagian dalam, terlihat panel instrumen berukuran tujuh inci dan Digital LED Speedometer, serta dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan pilihan tampilan antarmuka empat pola.

Untuk menambah kenyamanan pengemudi, Toyota menyematkan rem parkir electric serta tiga pilihan mode berkendara. Sistem hiburannya berukuran sembilan inci dan sudah mendukung teknologi Apple CarPlay serta Android Auto.

Dengan semua pembaruan itu, All New Toyota Vios tersedia dalam tipe 1.5 E M/T seharga Rp314.900.000, 1.5 G CVT dibanderol Rp355.200.000 dan 1.5 G TSS CVT harganya Rp368.400.000. Semua angka sudah berstatus on the road DKI Jakarta.

Ada satu hal lain yang juga berubah dari Toyota Vios, di mana kini produksinya tidak lagi dilakukan di Indonesia. Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy menuturkan bahwa hal itu dilakukan bukan karena model tersebut kurang peminatnya, melainkan demi efisiensi.

VIVA Otomotif: All New Toyota Vios 2022

Photo :
  • Dok: TAM

“All New Vios merupakan produksi Thailand, karena permintaan untuk model Veloz begitu tinggi. Pasar sedan sendiri di Indonesia sempat turun jadi 0,8 persen, tapi saat ini kembali naik ke satu persen,” tutur Anton.

Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam menjelaskan bahwa sebagai bagian dari rantai pasokan global dan strategi bisnis Toyota, TMMIN melakukan prioritas produksi dan menjaga kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang dan beragam secara tepat waktu. 

“Kami mempertimbangkan berbagai faktor, untuk menentukan produksi dan pengembangan model-model baru pada sistem produksi global terintegrasi kami yang fleksibel, efisien, dan optimal di dalam Grup Toyota,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya