Ternyata Ini Alasan Toyota bZ4X Harganya Rp1,19 Miliar

VIVA Otomotif: Peluncuran mobil listrik Toyota bZ4X di Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Indonesia kedatangan satu mobil baru berjenis Sport Utility Vehicle, yakni Toyota bZ4X. Kendaraan ini tidak memakai mesin berbahan bakar, jantung penggeraknya memakai motor listrik sehingga bebas emisi.

Daihatsu Xenia Hilang Kendali Diduga Jalan Licin, Berakhir Nyungsep

Toyota bZ4X dibangun menggunakan platform e-TNGA, yang berbasis dari Toyota New Global Architecture dan dioptimalkan untuk Battery Electric Vehicle atau BEV.

Salah satu kelebihannya adalah unit baterai terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian sasis, sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal dan rigidity bodi tinggi.

Honda Freed Generasi Terbaru Diperkenalkan, Ada Varian Hybrid

Jenis baterai yang digunakan adalah lithium-ion, dengan kapasitas 71,4 kilo Watt hours yang bisa menempuh jarak hingga 500 kilometer.

VIVA Otomotif: Peluncuran mobil listrik Toyota bZ4X di Indonesia

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Toyota Gak Sejalan dengan Moeldoko, Ini yang Bikin Mobil Hybrid Perlu Insentif

Fitur yang disematkan pada mobil listrik canggih ini sangat berlimpah, mulai dari Toyota Safety Sense yang bisa membantu pengemudi agar tetap aman selama di jalan hingga beberapa tambahan teknologi lain.

Misalnya Safety Exit Assist yang akan memberi peringatan pada penumpang ketika hendak turun dan ada kendaraan melintas di dekatnya. Kemudian Parking Support Brake yang bakal otomatis mengaktifkan rem apabila pengemudi salah menginjak pedal saat berada di parkiran.

Dengan semua kecanggihan itu, TAM menawarkan Toyota bZ4X seharga Rp1,19 miliar sudah berstatus on the road DKI Jakarta. Banderol tersebut setara dengan Toyota Alphard versi paling rendah.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan bahwa banderol tersebut sudah diperhitungkan matang oleh pihaknya, dan disesuaikan dengan target pembeli.

VIVA Otomotif: Mobil listrik Toyota bZ4X tiba di Pelabuhan Benoa, Bali

Photo :
  • Dok: TAM

“Kami melakukan studi yang cukup mendalam, bukan sekadar biaya produksi tetapi juga lihat pasarnya seperti apa, konsumennya seperti apa. Kami merasa, harga yang disebutkan adalah harga yang tepat untuk produk ini di segmen konsumennya,” ujarnya saat sesi peluncuran di Jakarta, dikutip Jumat 11 November 2022.

Sementara itu Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy menuturkan bahwa pihaknya menjamin harga jual Toyota bZ4X di awal tahun depan tidak akan berubah, meski ada penyesuaian biaya seperti yang biasa terjadi.

“Biasanya awal tahun kan naik harga, kemudian ada kenaikan harga material. Ada masalah exchange rate, sekarang kan dolar AS menguat. Jadi untuk mengamankan supaya tidak ada lonjakan harga tiba-tiba, kami akan mempertahankan harganya sampai Januari tahun depan,” tutur Anton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya