Putin Tak Datang ke KTT G20, The Beast Batal Ketemu Aurus Senat

VIVA Otomotif: Mobil The Beast milik Presiden AS vs Aurus punya Presiden Rusia
Sumber :
  • Hindustantimes

VIVA Otomotif – Presiden Rusia, Vladimir Putin dikabarkan tidak akan menghadiri gelaran KTT G20 yang dalam waktu dekat digelar di Bali, Indonesia.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Absennya Putin di pertemuan besar itu, disebut-sebut karena ia khawatir dengan isu upaya pembunuhan. Dengan ketidak-hadirannya di KTT G20, maka dipastikan Aurus Senat juga tidak menjejakkan bannya di jalanan Bali.

Aurus Senat merupakan mobil kepresidenan Rusia, yang kini menjadi kendaraan operasional Putin sehari-hari. Sebelumnya, ia menggunakan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard seperti yang dipakai oleh Presiden Jokowi.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Mobil tersebut dirancang khusus, supaya bisa melindungi penumpangnya dengan aman. Bodinya dilapisi bahan antipeluru, demikian pula dengan kaca yang tidak mempan ditembak dari jarak dekat.

Mobil Vladimir Putin, Aurus Senat L700

Photo :
  • caranddriver
Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Limusin buatan perusahaan Aurus asal Rusia tersebut memliki dimensi panjang 6,6 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1,7 meter. Bobotnya 6,2 ton, membuat pabrikan harus memasang mesin spesial.

Aurus Senat yang dibuat untuk Putin dibekali jantung penggerak delapan silinder 4.400cc rancangan Porsche, yang disematkan dua turbo dan dibantu oleh motor listrik sehingga menjadikannya sebagai mesin hybrid.

Pesaing dari Aurus Senat adalah Cadillac milik Presiden Amerika Serikat, Joe Biden yang memiliki julukan The Beast. Kendaraan ini merupakan hasil gabungan dari sasis truk GMC dan bodi yang dirancang oleh Cadillac.

Spesifikasinya sangat dirahasiakan, namun menurut beberapa informasi The Beast memiliki bobot sekitr 7-9 ton karena dibekali pelindung yang sangat tebal. Kabinnya mampu melindungi penumpang dari serangan kimia, dan tersedia kantung darah yang golongannya sesuai dengan Biden.

Mobil Kepresidenan Amerika Serikat, The Beast

Photo :
  • Twitter @secretservice

Sebagai informasi, Biden dipastikan hadir di KTT G20. Belum lama ini, pesawat kargo berukuran jumbo yang membawa logistik untuk rombongan delegasi AS sudah mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Biden yang juga seorang penggemar dunia otomotif, melalui juru bicaranya pernah mengatakan bahwa ia berniat untuk merombak mobil dinasnya.

Ubahan dilakukan pada jantung penggerak, di mana Biden terkesima dengan performa dari pikap listrik Ford F-150 yang baru saja diluncurkan. Ia ingin agar The Beast juga digerakkan oleh mesin yang ramah lingkungan.

Baca berita terkini lainnya di Google News.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya