Ada Mobil Baru Didaftarkan di RI, Bensinnya 28 Km per Liter

VIVA Otomotif: Toyota Sienta baru terdaftar di Indonesia
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Otomotif – Beberapa waktu lalu pemerintah menyesuaikan harga beberapa jenis bahan bakar minyak, mulai dari bensin hingga diesel. Hal itu dilakukan, untuk mengurangi beban anggaran negara karena fluktuasi banderol minyak dunia.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Dengan adanya perubahan harga tersebut, membuat masyarakat kini berupaya untuk menghemat pemakaian bensin. Caranya bermacam-macam, mulai dari mengurangi jarak tempuh setiap hari sampai dengan mengganti mobil dengan yang irit BBM.

Bicara soal kendaraan hemat energi, berdasarkan pantauan VIVA di laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM pada Senin 14 November 2022, baru-baru ini ada satu mobil baru yang resmi terdaftar desainnya di Indonesia.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Kendaraan yang dimaksud adalah Toyota Sienta, yang pada tahun ini mendapat ubahan besar di negara asalnya, Jepang. Model ini masuk ke dalam segmen Multi Purpose Vehicle, dan berkapasitas tujuh orang serta dibekali dengan pintu geser.

Toyota Sienta

Photo :
  • dok. Toyota Astra Motor
Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Sienta baru dibuat menggunakan platform Toyota New Global Architecture atau TNGA, yang memungkinkan perancang untuk mengurangi bobot mobil namun secara bersamaan meningkatkan kestabilannya.

Model terbarunya hadir dalam varian mesin tiga silinder berkapasitas 1.500cc, yang disandingkan dengan motor listrik sehingga membuatnya menjadi mobil hybrid. Konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 28,5 kilometer per liter.

Lima hari setelah dibuka selubungnya, Toyota Sienta baru langsung mendapat respons yang tinggi dari masyarakat Jepang. Dalam kurun waktu singkat itu, ada lebih dari 30 ribu orang yang melakukan pemesanan.

Karena sampai saat ini pabrikan otomotif tersebut masih mengalami kendala dalam hal komponen semikonduktor, maka proses pengiriman unit mobil ke konsumen tidak bisa dilakukan dengan segera

Menurut pihak diler, jika memesan saat ini maka waktu tunggunya bisa mencapai lebih dari setengah tahun. Artinya, konsumen baru bisa menikmati Sienta baru mereka pada Maret tahun depan.

Sayangnya, sampai saat ini status All New Toyota Sienta baru sekadar resmi terdaftar saja di Indonesia. PT Toyota-Astra Motor belum menginformasikan, apakah mereka berencana menghadirkan versi baru tersebut atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya