Mobil Buatan Lokal Ini Tahun Lalu Laku Puluhan Ribu Unit

New Suzuki Carry Pick Up
Sumber :
  • Suzuki Indonesia

VIVA Otomotif – Mobil yang diproduksi secara lokal oleh berbagai merek otomotif, berkontribusi sangat besar pada angka penjualan kendaraan di Indonesia sepanjang 2022. Hal ini membuktikan, bahwa industri kendaraan di Tanah Air sudah mulai pulih dari penurunan akibat pandemi.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menunjukkan, pasar otomotif nasional periode tahun lalu ditutup dengan kenaikan angka penjualan sebesar 18,1 persen, yakni dari 887.202 unit menjadi 1.048.040 unit secara whole sales atau dari pabrik ke diler.

Sementara untuk penjualan secara retail sales atau dari diler ke konsumen, angkanya juga meningkat 17,4 persen dari 863.348 unit di 2021 menjadi 1.013.582 unit di 2022.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Dari jumlah tersebut, sebanyak 52 ribuan unit berasal dari mobil niaga rakitan lokal yaitu Suzuki Carry Pick Up Model ini sepanjang tahun lalu terjual ke konsumen dan memimpin pangsa pasar mini pick up dengan angka 52 persen.

New Suzuki Carry Pick Up

Photo :
  • Istimewa
Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Model kendaraan penumpang Suzuki XL7 juga mencatatkan performa penjualan yang positif, dengan angka 15.998 unit atau mengalami peningkatan sebesar 9 persen selama 2022.

Selanjutnya, kontributor utama ketiga penjualan Suzuki di Indonesia sepanjang tahun lalu adalah All New Ertiga yang kini hadir dalam versi mesin bensin serta gabungan dengan motor listrik alias hybrid.

Dari keseluruhan varian, yang dilengkapi teknologi hybrid berikan kontribusi sebesar 66 persen dan model ini menjadi yang pertama serta satu-satunya Low MPV dengan teknologi canggih tersebut.

Total penjualan PT Suzuki Indomobil Sales selama 2022 mencapai angka 89.067 unit. Pencapaian itu menjadi bukti komitmen mereka yang berusaha memenuhi semua lini kebutuhan konsumen di setiap segmen, baik kebutuhan kendaraan niaga, hingga pribadi.

“Kami ingin berterima kasih kepada pelanggan setia, yang mempercayakan mobil Suzuki untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” ujar Assistant to Department Head 4W Sales SIS, Randy R. Murdoko melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 24 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya