Daftar SPKLU di Jalan Tol Trans Jawa untuk Mobil Listrik

Ilustrasi kabel charger baterai mobil listrik
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA Otomotif – Guna mendukung pengisian daya listrik saat arus mudik Lebaran tahun ini, pengelola jalan tol trans Jawa menyediakan sejumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU untuk mobil listrik di beberapa rest area.

Sudah Bisa Dipesan, Wuling Cloud EV Berlimpah Fitur Modern

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Lisye Octaviana mengatakan saat ini Jasa Marga bersama dengan sejumlah operator tol Trans Jawa sudah menyediakan fasilitas untuk mempermudah masyarakat yang hendak mudik menggunakan kendaraan bebas emisi.

"Kami memang sudah mengantisipasi adanya masyarakat yang akan mudik dengan kendaraan listrik. Untuk itu, kami siapkan sejumlah SPKLU yang ada di 11 rest area," ujarnya, dikutip Minggu 16 April 2023.

Dua Mobil Listrik Ini Dapat Potongan Harga Rp15 Juta di PEVS 2024

Lisye mengatakan, informasi ini cukup penting bagi pengguna kendaraan listrik dan mungkin bisa dicatat lokasi lokasinya supaya tidak kehabisan daya saat melakukan perjalanan.

VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Photo :
  • tvOne/Aditya Bayu C - Kabupaten Semarang
Laris Manis, Mobil Listrik Xiaomi SU7 Sudah Diproduksi 10.000 Unit

"Saat ini SPKLU ada di tol Jakarta - Cikampek KM 6B. Jakarta - Tangerang KM 13A. Di tol Jagorawi KM 10A dan 21B. Tol Palikanci KM 207A dan KM 208B. Semarang-Batang KM 379A dan KM 389B. Solo - Ngawi KM 519A dan B. Sedangkan di Tol Semarang Solo ada di KM 456B," Terangnya.

Lisye juga menghimbau bagi para pemudik, untuk memperhatikan kondisi kendaraannya. Khusus pengguna kendaraan listrik mungkin bisa ditinjau ulang dalam penggunaan mobil listrik saat arus mudik. 

"Gunakanlah kendaraan yang prima saat mudik. Hal ini tidak hanya berlaku bagi pengguna kendaraan listrik namun juga pemakai kendaraan bahan bakar minyak," tuturnya.

Guna mengantisipasi kendaraan listrik yang kehabisan daya saat melakukan perjalanan, pengelola juga menyediakan jasa mobil derek yang bisa membantu menderek hingga rest area terdekat.

"Kami juga sediakan derek untuk semua kendaraan yang mengalami kendala di jalan tol. Termasuk mobil listrik yang kehabisan daya saat perjalanan," ungkapnya.

Sementara itu guna memenuhi kebutuhan BBM selama arus mudik lebaran operator jalan tol juga menyediakan SPBU modular yang ada di rest area.

"Untuk kebutuhan BBM kami sediakan SPBU modular di rest area. Hal ini karena tidak semua rest area memiliki fasilitas SPBU. Kami juga siapkan petugas untuk jasa layanan bengkel di rest area guna membantu masyarakat yang mengalami kendala saat mudik," jelasnya.

Laporan tvOne/ Aditya Bayu C – Kabupaten Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya