Kakorlantas Ingin Ganti Semua Kendaraan Patroli dan Mobil Dinas

VIVA Otomotif: Mobil listrik untuk patroli polisi
Sumber :
  • NTMC Polri

Jakarta– Korps Lalu Lintas Polri baru-baru ini mengusulkan penggunaan kendaraan listrik untuk patroli anggota mereka, dalam upaya untuk mendukung udara yang lebih bersih.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Usulan ini datang dari Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi. Selain petugas yang ada di lapangan, ia juga berencana membekali staf dengan kendaraan yang sama.

“Tapi, nanti tergantung anggaran yang akan tersedia berapa. Tapi yang pasti, dukungan terhadap udara yang bersih, go green. Ini harus dimulai dari kami, pemerintah," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman NTMC Polri, Senin 11 September 2023.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Usulan ini sejalan dengan komitmen pemerintah, untuk mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil dan beralih ke kendaraan listrik.

"Selaku bagian dari pemerintah, imbauan-imbauan dari bapak pimpinan kemarin sudah dijelaskan dari forum-forum rapat, selain konversi kendaraan berbahan bakar fosil ke listrik," tuturnya.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Langkah pertama dalam implementasi usulan ini, adalah penggunaan kendaraan listrik untuk motor patroli pada tahun ini.

Kakorlantas mengaku telah menerima bantuan dari Sekretariat Negara selama Konferensi G20, yang memungkinkan mereka untuk memulai penggunaan kendaraan listrik.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pengadaan kendaraan listrik ini masih tergantung pada anggaran negara.

"Karena ini kan masih baru kendaraannya, dan saya yakin ini tidak murah jadi tergantung keuangan negara."

Oleh karena itu, Korlantas Polri berencana untuk mengombinasikan pengadaan kendaraan berbahan bakar fosil dan listrik ke depannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya