Ini Rahasia China Bisa Jual Mobil Murah Kualitas Wah

Chery Omoda 5 di area test drive GIIAS 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

Tangerang – Pabrikan mobil asal China, Chery turut meramaikan pasar otomotif Indonesia dengan menghadirkan ragam produk harga terjangkau, seperti Omoda dan Tiggo series. Produk mereka di klaim sebagai mobil futuristik dengan teknologi canggih. 

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Pada Jumat, 29 September 2023, PT Chery Sales Indonesia (CSI) meluncurkan Omoda 5 GT, yang hadir dalam dua varian yaitu Front Wheel Drive (FWD) dan All Wheel Drive (AWD). 

Bagian paling menarik, Chery menjual kendaraan AWD dengan harga Rp 488 Juta dimana ini menjadi harga yang terjangkau dibandingkan dengan model mobil AWD lainnya yang mencapai sekitar Rp 500 Jutaan. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Chery Omoda 5 GT resmi meluncur di Indonesia

Photo :
  • Arianti Widya

Harry Komara selaku Wakil Presiden PT CSI mengungkapkan rahasia China mampu menjual mobil murah dengan kualitas luar biasa wah. 

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

"Sebenarnya, kalau di China itu harga sudah sebenarnya, enggak ada orang dagang mau rugi. Tapi, (merek negara lain) yang duluan aja ngambil untung terlalu tinggi," ungkap Harry Komara di acara peluncuran Omoda GT 5 di BSD, Tangerang, dikutip VIVA Otomotif Minggu 1 Oktober 2023. 

Menurut Harry Komara, Chery mengaku harga yang sudah ditawarkan memang sesuai dengan biaya produksi dan kualitas kendaraan. 

"Kalau kita lihat harga mobil murahnya China itu kita lihat China bernegara, berbangsa, apa sih di China yang produknya mahal? enggak ada, tapi kualitas bagus. Itu yang seharusnya kita pelajari," jelasnya. 

Chery Omoda 5 GT resmi meluncur di Indonesia

Photo :
  • Arianti Widya

Tidak hanya Chery, Komara menjelaskan beberapa alasan bahwa pabrikan lain asal China lainnya juga mampu menjual produk dengan harga murah. 

"Kalau ngejar cost per unit itu murah apa sih kuncinya? volume kan, terus jam kerja, produktivitas, mereka (pabrikan China) punya itu semua," ujarnya. 

Lebih lanjut, berkaitan dengan rencana Chery akan memperbanyak varian Omoda 5 lainnya, Komara mengatakan bahwa itu bisa terjadi karena Omoda sedang menggila dan hype untuk masyarakat global. 

"Produk Omoda ini sedang menggila dan lagi hype di global. Kalau kita lihat di masa depan produk angka semua, mungkin Omoda 7, Omoda 9. Tapi, pastinya Omoda 5 saat ini masih menjadi tulang punggung, ya. Karena, mobil ini lengkap banget dan harga juga terjangkau," tutur Wakil Presiden CSI ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya