Ratusan Mobil Listrik Baru Bakal Ramaikan Pasar Otomotif

VIVA Otomotif: Mobil listrik Lexus RZ di pameran GJAW 2023
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Amerika Serikat, 1 Oktober 2023 – Pasar mobil listrik di dunia diperkirakan akan semakin memanas pada tahun 2026. Hal ini didorong oleh berbagai faktor, antara lain meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan ramah lingkungan, serta dukungan pemerintah terhadap pengembangan kendaraan listrik.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops, pada tahun 2026 diperkirakan akan ada lebih dari 200 model mobil listrik yang tersedia di pasar global. Jumlah ini meningkat pesat dari tahun 2022 yang hanya sekitar 90 model.

Peningkatan jumlah model mobil listrik ini akan menciptakan persaingan yang semakin ketat di pasar. Hal ini akan menguntungkan konsumen, karena akan semakin banyak pilihan mobil listrik yang tersedia dengan berbagai fitur dan harga.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Berikut adalah beberapa faktor yang mendorong peningkatan jumlah model mobil listrik di pasar global:

VIVA Otomotif: Mobil listrik Seres E1 di pameran GIIAS 2023

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
BMW Cetak Sejarah Baru di Indonesia

1. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan ramah lingkungan. Masyarakat semakin sadar akan pentingnya mengurangi emisi gas buang untuk menjaga lingkungan. Hal ini mendorong mereka untuk beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

2. Dukungan pemerintah terhadap pengembangan kendaraan listrik. Banyak pemerintah di dunia yang memberikan dukungan terhadap pengembangan kendaraan listrik. Dukungan ini dapat berupa subsidi, insentif pajak, dan pembangunan infrastruktur pendukung.

3. Teknologi baterai yang semakin maju. Teknologi baterai yang semakin maju membuat mobil listrik semakin terjangkau dan memiliki jarak tempuh yang lebih jauh. Hal ini membuat mobil listrik semakin menarik bagi konsumen.

Peningkatan jumlah model mobil listrik akan menciptakan persaingan yang semakin ketat di pasar. Hal ini akan menguntungkan konsumen, karena akan semakin banyak pilihan mobil listrik yang tersedia dengan berbagai fitur dan harga.

Konsumen akan memiliki lebih banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan dan anggaran mereka. Mereka juga akan mendapatkan manfaat dari persaingan yang semakin ketat, seperti harga yang lebih kompetitif dan fitur-fitur yang lebih inovatif.

VIVA Otomotif: Mobil listrik Toyota bZ4X untuk acara ASEAN Summit 2023

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya