Mobil LCGC Astra Group Mendominasi di Indonesia

Booth Toyota di GIIAS 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta, 14 November 2023 - PT Astra International Tbk mencatatkan penjualan mobil sebanyak 44.460 unit, pada Oktober 2023. Jumlah ini turun 18,9 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yang mencapai 54.216 unit.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Secara kumulatif, penjualan mobil Astra selama 10 bulan pertama tahun 2023 mencapai 465.869 unit. Angka tersebut naik 26,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yang mencapai 369.120 unit.

Meski mengalami penurunan di Oktober, namun perusahaan masih memimpin pangsa pasar otomotif Tanah Air dengan angka 56 persen. Khusus untuk kendaraan yang masuk ke dalam segmen Low Cost Green Car alias LCGC, besarannya 74 persen.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Dari lima merek yang berada di bawah naungan Astra Group, Toyota bersama Lexus memimpin angka penjualan dan kemudian diikuti oleh Daihatsu. Posisi tiga ditempati oleh merek Isuzu, dan di peringkat empat ada UD Trucks. Posisi terakhir dihuni oleh Peugeot.

Angka penjualan produk otomotif Astra Group secara wholesales periode Januari hingga Oktober 2023:
Toyota dan Lexus – 275.801 unit
Daihatsu – 161.650 unit
Isuzu – 26.661 unit
UD Trucks – 1.575 unit
Peugeot – 182 unit

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

“Kami berharap penjualan mobil nasional dapat terus positif hingga akhir tahun," ujar Head of Corporate Communications Astra, Boy Kelana Soebroto, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Khusus untuk Daihatsu, dari data yang dikirim oleh PT Astra Daihatsu Motor diketahui bahwa pencapaian mereka selama 10 bulan di tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 4,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang angkanya sekitar 157 ribu unit.

Dari capaian tersebut, kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap pangsa pasar ritel otomotif nasional mencapai sebesar 19,9 persen, atau naik sebesar 0,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sebesar 19,1 persen.

Model Daihatsu yang paling laku adalah Sigra sebanyak 53.189 unit atau berkontribusi sekitar 32,4 persen, diikuti GranMax pick-up 36.082 unit (22 persen) dan Terios 21.385 unit (13 persen).

“Semoga capaian baik ini dapat terus memotivasi kami dalam memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada pelanggan,” tutur Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya