Mobil Listrik MG akan Dirakit di Pabrik SAIC Cikarang, Segini Bocoran Harganya

Pabrik perakitan mobil MG
Sumber :
  • Dok: MG Motor Indonesia

Jakarta, 16 November 2023 - MG Motor Indonesia akan mulai memproduksi dua model mobil listriknya, MG ZS EV dan MG4 EV, di pabriknya di Cikarang, Jawa Barat, pada Februari 2024.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

"Februari mulai dari ZS EV terlebih dahulu, lalu di bulan Maret akan menyusul MG4 EV," ujar Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin dikutip VIVA Otomotif di Jakarta Selatan.

Arief mengatakan, investasi yang digelontorkan MG untuk membangun pabrik di Cikarang mencapai US$600 juta atau sekitar Rp9 triliun. Investasi tersebut diharapkan dapat memenuhi target produksi MG sebesar 100 ribu unit mobil per tahun.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

"Untuk tahap awal, produksi akan difokuskan pada kendaraan listrik. Namun, kami juga akan meluncurkan berbagai macam kendaraan berbasis ICE (mesin pembakaran internal) di tahun 2024." kata dia.

Acara MG Motor Indonesia di Jakarta

Photo :
  • Dok: MG Motor Indonesia
BMW Cetak Sejarah Baru di Indonesia

Arief menambahkan, MG berkomitmen untuk memenuhi standar lokalisasi 40 persen untuk komponen-komponen yang digunakan dalam produksi mobilnya di Indonesia. Target tersebut akan ditingkatkan menjadi 60 persen secara bertahap.

"Kami yakin MG dapat memberikan definisi baru bagi konsumen Indonesia," tuturnya.

Soal harga, Arief mengatakan bahwa MG tidak hanya mengutamakan harga murah, tetapi juga kualitas yang sepadan dengan standar global. Namun, ia memastikan bahwa harga mobil listrik MG akan lebih terjangkau setelah diproduksi di Indonesia.

Pabrik perakitan mobil MG

Photo :
  • Dok: MG Motor Indonesia

"Harganya mungkin di Rp500 jutaan sampai Rp550 jutaan. Ini adalah harga yang kompetitif untuk mobil SUV listrik yang diproduksi di dalam negeri,” jelasnya.

Pabrik MG Motor Indonesia di Cikarang yang menggunakan fasilitas milik SAIC GM Wuling, kata Arief dilengkapi dengan teknologi terdepan, termasuk lini produksi otomatis, pusat pengujian kualitas, dan fasilitas perakitan baterai EV canggih.

Fasilitas produksi ini juga berkomitmen untuk mematuhi standar lingkungan internasional, dengan inisiatif seperti penggunaan energi terbarukan dan pengelolaan limbah nol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya