Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Tebak Berapa Nilainya

Mobil listrik Xpeng G9
Sumber :
  • Insideevs

Leuven, 9 Desember 2023 – Zaman dahulu mobil China kerap dipandang sebelah mata, karena ditawarkan dengan harga terjangkau namun kualitasnya dianggap berada di bawah merek asal negara lain seperti Jepang dan Eropa.

Memukau, Atlet Ice Skating Malaika Khadija Fatiha Masuk 7 Besar Kompetisi di Eropa

Hal itu juga terjadi Indonesia, di mana pada era 2000-an beberapa mobil China hadir namun tidak dibekali dengan persiapan yang matang dalam hal kualitas maupun dukungan purnajual.

Namun kini, merek-merek asal Negeri Tirai Bambu kembali bangkit dan bahkan dipasarkan di banyak negara maju. Akan tetapi, bagaimana dengan tingkat keamanannya?

Nestle Prancis Digugat karena Diduga Lakukan Proses Pengolahan Air Mineral Secara Ilegal

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Carnewschina, baru-baru ini Xpeng sebagai salah satu merek mobil China menjalani uji tabrak di Euro New Car Assestment Program atau NCAP.

Mobil listrik Xpeng G9

Photo :
  • Insideevs
Deretan Mobil SUV Murah di IIMS 2024

Tujuan dari pengujian itu adalah untuk mengetahui, seberapa aman kendaraan bisa melindungi pengemudi dan penumpang ketika terjadi kecelakaan. Prosesnya melibatkan tabrakan di beberapa titik, serta melihat apakah fitur keselamatan yang dipasang berfungsi dengan normal.

Hasilnya, SUV listrik Xpeng G9 menerima peringkat keselamatan 5 bintang dari Euro NCAP. Angka itu didapatkan berdasarkan berbagai faktor, termasuk perlindungan penumpang dewasa, perlindungan anak-anak, perlindungan pejalan kaki, dan sistem bantuan keselamatan aktif.

Pada tes perlindungan penumpang dewasa, Xpeng G9 mendapatkan skor 85 persen berkat struktur bodi yang kuat dan fitur keselamatan pasif yang canggih. Fitur-fitur tersebut meliputi airbag depan, airbag samping, airbag tirai, airbag lutut pengemudi, dan sabuk pengaman dengan pretensioner serta pembatas beban.

Pada tes perlindungan anak-anak, Xpeng G9 mendapatkan skor 85 persen berkat kehadiran pengunci kursi anak ISOFIX yang tersedia di semua kursi baris kedua dan fitur perlindungan lainnya, seperti sensor pendeteksi kehadiran anak.

Pada tes perlindungan pejalan kaki, Xpeng G9 mendapatkan skor 78 persen. Skor ini diperoleh berkat desain bodi yang mengurangi risiko cedera pejalan kaki saat terjadi tabrakan.

Pada tes sistem bantuan keselamatan aktif, Xpeng G9 mendapatkan skor 78 persen. Skor ini diperoleh berkat fitur-fitur keselamatan aktif yang canggih, seperti sistem pengereman darurat otomatis, sistem peringatan tabrakan depan, sistem bantuan menjaga jalur, dan sistem bantuan kemudi adaptif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya