Kawasaki Siapkan Motor Adventure Bermesin Hybrid

Ilustrasi motor hybrid Kawasaki
Sumber :
  • Motociclismo

Tokyo, 20 Desember 2023 – Ada kabar baru untuk pecinta motor Kawasaki, pabrikan asal Jepang tersebut dikabarkan tengah mengembangkan motor hybrid berbasis model adventure touring populer mereka, Versys.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Hal ini terungkap dari gambar paten yang baru-baru ini ditemukan dan dipublikasikan oleh media Italia, Motociclismo. Gambar tersebut menunjukkan motor dengan desain mirip Versys, namun mesin bensin konvensional diganti dengan unit hybrid.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Visordown, tidak jauh berbeda dengan Ninja 7 Hybrid dan Z 7 Hybrid yang sudah diiperkenalkan sebelumnya, Kawasaki Versys Hybrid kemungkinan besar akan menggunakan motor listrik 9 kW, berpadu dengan mesin bensin dua silinder berkapasitas 451cc.

Royal Enfield Sewakan Motor untuk Berpetualang di Indonesia

Kemunculan Versys Hybrid akan menjadi langkah strategis tersendiri bagi Kawasaki. Ninja 7 Hybrid dan Z 7 Hybrid memang menawarkan teknologi hybrid, namun keduanya berada di segmen sport dan naked. Kemampuan jarak tempuh yang jauh tidak terlalu diprioritaskan dalam segmen tersebut.

Ilustrasi motor hybrid Kawasaki

Photo :
  • Motociclismo
Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Segmen touring di sisi lain, memiliki prioritas berbeda. Bukan hanya tentang jarak tempuh, keunggulan hybrid dibandingkan motor listrik murni terletak pada kemampuan terus jalan meski baterai habis.

Menjaga performa stabil dalam perjalanan jauh tentunya lebih terjamin dengan mesin tradisional, yang menyalurkan tenaga langsung ke roda belakang.

Baterai 1,4 kWh Kawasaki yang digunakan pada Ninja 7 Hybrid dan Z 7 Hybrid diprediksi tidak terlalu cocok untuk touring jarak jauh, apalagi ke jalur yang membutuhkan torsi besar.

Namun dikombinasikan dengan mesin berkapasitas sedang, maka mampu menghasilkan tenaga 69 daya kuda ke roda belakang. Angka ini sedikit lebih besar, tapi tidak jauh berbeda dari tenaga 66 dk Versys 650.

Kawasaki belum memastikan, apakah mereka akan sepenuhnya menggantikan model bermesin bensin dengan model hybrid berspesifikasi serupa.

Namun jika Versys Hybrid terbukti efektif dalam hal jarak tempuh, tak menutup kemungkinan Versys 650 akan digantikan oleh mesin hybrid di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya