Mobil Dinas Kena Tilang Elektronik, PLN Padamkan Aliran Listrik ETLE

Kamera ETLE di India
Sumber :
  • Cartoq

Kerala, 3 Januari 2024 – Proyek tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang diluncurkan oleh Pemerintah Kerala, India pada tahun 2023, terancam ditutup.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Hal ini disebabkan oleh belum dibayarkannya tagihan, kepada perusahaan kontraktor yang memasang dan mengelola sistem tersebut.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Cartoq, proyek senilai 2,3 miliar rupee atau setara Rp428 miliar ini bertujuan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran peraturan lalu lintas di Kerala. Proyek ini memasang 726 kamera AI di seluruh negara bagian.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Namun sejak diimplementasikan, proyek ini telah menjadi kontroversi. Ada laporan yang menyebutkan bahwa kamera AI tersebut mungkin segera berhenti bekerja, karena pemerintah negara bagian belum membayar tagihan kepada perusahaan kontraktor.

Jika perusahaan kontraktor gagal membayar tagihan, ada kemungkinan besar bahwa Kerala State Electricity Board atau PLN India akan memutus aliran listrik ke ruang kontrol, seperti yang pernah mereka lakukan di masa lalu.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Pada awalnya, selama pemasangan kamera AI, terjadi perselisihan antara KSEB dan Departemen Transportasi Kerala. Kamera berbasis kecerdasan buatan alias AI itu menilang kendaraan dinas KSEB, yang membawa tangga di atap.

Sebagai tanggapan, KSEB memutus aliran listrik ke kantor MVD karena tidak membayar tagihan listrik yang tertunda.

Kepala Menteri Kerala, Pinarayi Vijayan, telah meminta menteri keuangan India untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun, hingga saat ini, belum ada kepastian apakah tagihan akan dibayarkan.

Jika kamera AI tersebut benar-benar ditutup, maka akan berdampak negatif terhadap upaya pemerintah Kerala untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran peraturan lalu lintas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya