Mobil Listrik Xiaomi Bisa Lakukan Hal Tidak Biasa

Xiaomi SU7
Sumber :
  • Electrek

Tiongkok – Mobil listrik kian menawarkan ragam kecanggihan untuk merevolusi industri otomotif mulai dari sistem keamanan, penggerak listrik atau fitur untuk parkir

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Baru-baru ini, produsen smartphone asal China, Xiaomi meluncurkan mobil listrik pertamanya, bernama SU7. Kendaraan ini bisa melakukan sesuatu hal yang tidak biasa, yaitu mencari parkir sendiri di gedung bertingkat. 

Dilansir VIVA Otomotif dari Carscoops pada 3 Januari 2024, Xiaomi telah melengkapi SU7 dengan banyak perangkat elektronik canggih. 

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Melalui sebuah video yang dirilis beberapa waktu lalu, mobil listrik SU7 bisa parkir secara mandiri di garasi parkir bertingkat di Tiongkok. 

Xiaomi SU7

Photo :
  • Electrek
Aturan Impor Produk Elektronik Buka Peluang Industri Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri

Video tersebut menunjukkan pengemudi SU7 meninggalkan mobilnya pintu masuk parkiran gedung bertingkat dan mulai mengaktifkan fitur Self-driving Autopilot for Parking. 

Setelah diaktifkan, mobil listrik tersebut mulai memasuki parkiran dan menaiki tingkat gedung untuk mencari lokasi parkir yang tersedia. 

Saat diuji coba berpapasan dengan mobil lain di area parkir, mobil listrik Xiaomi ini bisa mundur terlebih dahulu untuk memberikan jalan bagi mobil yang berada di depannya. Kemudian, melanjutkan perjalanan lagi. 

Menariknya, pesaing dari Tesla dan Porsche ini bisa mendeteksi pejalan kaki yang menyeberang di area parkir. Lebih lanjut, Xiaomi telah menyemati SU7 dengan kamera, sensor LiDAR, dan radar yang berfungsi untuk mendukung fitur berkendara secara mandiri untuk parkir ini. 

Bahkan Xiaomi akan memperbarui perangkat lunak tersebut untuk bisa dipergunakan untuk di jalanan perkotaan. Sebagai informasi, mobil listrik ini bisa menempuh jarak hingga 800 kilometer dalam sekali pengisian daya. 

Dengan kemampuan tersebut, SU7 diperkirakan bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,67 detik dan kecepatan maksimum mencapai 265 km/jam. 

Xiaomi berencana menjual SU7 di pasar Tiongkok pada 2024 dengan harga perkiraan 300.000 yuan atau sekitar Rp650 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya