Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu: Melebihi Ekspektasi

https://www.viva.co.id/english/1693813-china-s-unilateral-claim-over-indonesia-s
Sumber :
  • Dok: SIS

Sentul, 5 Maret 2024 – Suzuki Jimny 5 pintu menjadi salah satu mobil baru, yang jadi bintang di pameran IIMS 2024 yang belum lama ini digelar di Jakarta. Kendaraan ini memiliki desain ikonik, dan dibekali dengan kemampuan off-road mumpuni untuk melahap medan berat.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Tidak hanya sekadar memamerkan wujud dari mobil berpenggerak empat roda itu, PT Suzuki Indomobil Sales melalui Departement Strategic Planning juga menginisiasi program Test Drive Experience untuk menunjukkan ketangguhan Jimny 5 pintu di habitat aslinya.

Ajang uji berkendara untuk media digelar pada hari ini di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Medan yang disediakan memiliki beberapa rintangan, dengan kontur tanjakan terjal maupun turunan curam serta beralaskan tanah, batu dan lumpur.

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

VIVA Otomotif menjadi salah satu peserta yang mengikuti kegiatan petualangan di alam terbuka itu, mencoba langsung kemampuan dari kendaraan yang dibekali mesin K15B berkapasitas 1.500cc dengan tenaga 102 daya kuda serta torsi 130 Newton meter tersebut.

Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Photo :
  • Dok: SIS
Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Perjalanan sejauh kurang lebih 1,4 kilometer diawali di jalan aspal menanjak, di mana tempat ini dipakai untuk memperlihatkan fitur Hill Hold Assist yang akan menahan kendaraan di tempat selama dua detik untuk memberi kesempatan kaki pindah dari pedal rem ke gas.

Rintangan berikutnya adalah turunan beralas tanah dan batu, di mana trek ini dilalui dengan mengaktifkan fitur Hill Descent Control yang akan menahan kecepatan Jimny 5 pintu supaya tetap bisa dikendalikan.

Fitur ini bisa dibilang menjadi yang paling penting untuk digunakan ketika melalui medan licin maupun berkontur naik dan turun, dan pengemudi hanya perlu sesekali menginjak pedal rem saat harus berbelok atau hendak mengubah arah kendaraan.

Berikutnya adalah rintangan articulation dengan kondisi jalan tanah bergelombang, yang juga bisa dilibas dengan sangat mudah oleh Jimny 5 pintu. Desain suspensi 3- Link Rigid Axle with Coil Spring di bagian depan maupun belakang, menghadirkan perjalanan yang di luar dugaan sangat nyaman baik duduk di depan maupun belakang.

Saat melewati rintangan slope, lagi-lagi mobil yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp462 juta on the road DKI Jakarta ini dapat melewatinya dengan gampang berkat approach angle 36 derajat, departure angle 47 derajat dan ramp breakover angle 24 derajat.

Mud bogger menjadi halangan selanjutnya, di mana tanah lumpur yang agak dalam harus dilewati oleh ban standar bawaan pabrik. Sistem penggerak empat roda Suzuki All Grip Pro membuat perjalanan terasa sangat mudah, ditambah adanya Brake Limited Slip Differential (LSD) yang akan mendistribusikan torsi ke roda yang punya traksi.

Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Photo :
  • Dok: SIS

 Dua rintangan terakhir yakni water crossing serta turning radius, di mana radius belok 5,7 meter dari Jimny 5 pintu bisa menaklukannya tanpa perlu banyak usaha.

Dari hasil test drive Suzuki Jimny 5 pintu, bisa disimpulkan bahwa mobil yang tersedia dalam enam pilihan warna ini sangat ideal untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari maupun ketika hendak berpetualang.

Desain yang timeless, mesin mumpuni yang bisa menaklukkan semua rintangan dengan mudah dan kecanggihan yang disematkan, menjadikan Jimny 5 pintu sebagai mobil off-road yang bisa dikemudikan oleh semua orang, tanpa perlu memiliki kemampuan khusus.

Meski demikian, beberapa informasi dasar yang disampaikan oleh para instruktur dari Suzuki Club Reaksi Cepat seperti cara memegang kemudi dan teknik memutar setir, harus dipahami agar perjalanan menjadi aman.

Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Photo :
  • Dok: SIS
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya