Walau Laris Manis, Peluang Suzuki Jimny 5 Pintu Diproduksi Lokal Cukup Sulit

Suzuki Jimny 5 Pintu di Area Test Drive Khusus
Sumber :
  • Arianti Widya

Bekasi, 1 April 2024 – Suzuki Jimny 5 pintu mendapat sambutan yang sangat besar sejak diluncurkan pada ajang IIMS 2024, hingga masa indennya cukup panjang. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) buka suara terkait peluang untuk memproduksi Suzuki Jimny 5 Pintu di Indonesia. 

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Seperti diketahui, Jimny 5 pintu yang baru diluncurkan itu masih didatangkan secara utuh dari India. Berbeda dengan Jimny 3 pintu yang sudah lebih dulu dirilis dan diproduksi di Jepang.

Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning PT SIS, mengatakan belum ada kemungkinan Jimny diproduksi di Indonesia. Dia mengungkapkan, SIS saat ini masih ditunjuk untuk membuat kendaraan terutama yang 3 baris atau kendaraan keluarga.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Photo :
  • Dok: SIS

"Semua itu kembali lagi kepada demand ya. Saat ini kita masih import dari India," ujar Joshi di Bekasi belum lama ini, seperti dikutip VIVA Otomotif.

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

Ia menambahkan, untuk melakukan produksi lokal Jimny permintaan itu harus ada dikisaran 4.000 - 5.000. Karena nantinya semua akan dihitung mundur berapa besar investasi yang harus ditanggung di awal termasuk dalam desain pabrik.

"Kita belum bisa banyak bicara karena ini masih masuk 3-4 bulan. Kita masih melihat titik minat dari masyarakat, biasanya memang setelah launching dalam beberapa bulan pertama permintaan naik karena memang saat launching euforia tinggi," ungkap Joshi.

"Tapi kemudian dia akan masuk dalam titik yang kita mungkin bisa bilang realistis disitu lah muncul angka permintaan Jimny yang sebenarnya," sambungnya.

Modifikasi Suzuki Jimny 5 pintu di IIMS 2024

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Untuk Jimny 5 pintu sendiri dibekali mesin K15B berkapasitas 1.500cc dengan tenaga 102 daya kuda serta torsi 130 Newton meter. Jimny 5 pintu memiliki panjang 3.965 mm (lebih panjang 340 mm dari Jimny 3 pintu), lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm.

Sedangkan wheelbase lebih melar 340 mm atau mencapai 2.590 mm. Soal harga, varian single tone manual dijual seharga Rp462 juta dan Rp475,6 juta untuk matik, dan varian dual tone manual dijual seharga Rp465 juta dan Rp578,6 juta untuk transmisi matiknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya