Pemudik di Indonesia Jangan Iri, Malaysia Gratiskan Jalan Tol untuk Mudik Lebaran 2024

Jalan tol di Malaysia
Sumber :
  • straitstimes

Malaysia, 1 April 2024 –  Pemerintah Malaysia kembali memberlakukan kebijakan yang menggembirakan pada Lebaran 2024. Di mana, warganya mendapatkan program gratis tarif jalan tol pada saat melakukan mudik lebaran.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Seperti dilansir VIVA Otomotif dari Straitstimes, Senin 1 April 2024, kebijakan menggratiskan tol ini selama 2 hari. Dimulai sejak Senin 8 April pukul 00.01 sampai dengan Selasa 9 April pukul 23.59 waktu setempat. 

Nantinya, gerbang tol akan dibuka tanpa palang bagi pengguna kendaraan pribadi Kelas 1 di jalan tol. Namun, keringanan tersebut tidak berlaku untuk gerbang atau plaza tol di Bangunan Sultan Iskandar dan Tanjung Kupang, Johor. 

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Diprediksi dengan gratisnya jalan tol ini, jumlah kendaraan akan meningkat 2,46 juta per hari. Kebijakan ini sendiri diperkirakan akan menelan biaya 37,6 juta ringgit atau sekitar Rp126,3 miliar.

Menteri Pekerjaan Umum Malaysia, Alexander Nanta Linggi mengatakan bahwa keputusan itu merupakan bentuk kepedulian dan langkah berbagi kegembiraan hari raya Idul Fitri kepada seluruh warga Malaysia. 

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Sementara itu, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Datuk Seri Ahmad Maslan mengatakan pengelola jalan tol juga akan mengerahkan lebih dari 4.500 personel di seluruh ekosistem jalan raya untuk memastikan respons yang cepat selama musim perayaan ini.

"PLUS (pengelola jalan tol Malaysia) juga memiliki 70 staf pada jam sibuk harian di Pusat Pemantauan Lalu Lintas untuk memantau, mengumpulkan dan menyebarkan informasi lalu lintas terkini dan mengoordinasikan bantuan kepada pengguna jalan raya. Pengguna jalan tol juga disarankan untuk merencanakan perjalanannya menggunakan jadwal perjalanan digital yang tersedia di aplikasi MyPLUS-TTA," ujarnya.

Ilustrasi macet / mudik

Photo :
  • Bridgestone Indonesia

Di Indonesia Tarif Tol Malah Naik

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menegaskan, kenaikan tarif tol menjelang musim mudik Lebaran bukan karena untuk cari untung. Baik itu untuk perusahaan pengelola maupun Pemerintah.

Penegasan itu merespons penyesuaian tarif tol  sejumlah ruas menjelang musim mudik, salah satunya tarif integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) yang berlaku sejak 9 Maret 2024.

Dia menjabarkan, penyesuaian tarif integrasi itu sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR Nomor 250/KPTS/M/2024 tanggal 2 Februari 2024 tentang Penyesuaian Tarif Integrasi Pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya