Review: Penyempurnaan Jazz untuk 'Sentil' Kompetitor

Test drive New Jazz
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra
VIVAnews
Gunung Lewotobi Erupsi Dua Kali pada Jumat Dini Hari, Warga Dilarang Beraktivitas di Radius 2 Km
- Honda Jazz kembali bangkit setelah tahun lalu gelar raja
hatchback
Jasa Marga: 328 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek di Long Weekend
Tanah Air direbut seteru abadinya, Yaris. Di bulan pertama 2013, Jazz hadir dengan perubahan ringan guna menunjukkan lagi taringnya.

Aaliyah Massaid Bocorin Aktivitas Rizky Febian dan Mahalini Usai Akad

VIVAnews
mendapatkan kesempatan menjajal hatchback yang sudah wara-wiri selama sembilan tahun di jalanan Indonesia ini. Lalu seberapa menarik ubah minor yang ada di Jazz?

Tampilan baru dari New Honda Jazz tipe RS memang tidak jauh berbeda dengan varian sebelumnya. Namun ada perubahan yang membuatnya masih enak dipandang. Pada bagian grill kini mengusung desain hexagonal dengan simbol 'RS' di bagian sudut kiri.

Aksen agresif terpancar melalui aplikasi smoke headlamp. Honda juga memasang velg alloy 16 inci dengan desain baru model palang 10. Aplikasi rear smokecombination lamp dan tailgate spoiler menjadi faktor penegasan aura sporty.

Test drive New Jazz

Beralih ke kabin, kini head unit mengusung layar sentuh berukuran 6,1 inci. Aura sporty terasa melalui desain jok pengemudi dan penumpang semi bucket, ditambah setir kemudi model palang-3. Meski minus audio kontrol di kemudi.

Adapun panel instrumen mengadopsi model 3 layar, yakni paling kiri indikator putaran mesin (tachometer), di bagian tengah indikator kecepatan (speedometer), dan paling kanan berisikan informasi posisi tuas transmisi serta indikator bensin. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi balap, terdapat fitur paddle shift di belakang lingkar kemudi.

Test drive New Jazz

Bicara soal kepraktisan untuk penumpang maupun barang, Honda mengerti betul kebutuhan konsumen Indonesia. Itu terlihat dengan 8 buah cup holder serta pengaturan Ultra Seat yang mudah, membuat ruang barang menjadi sangat fileksibel dengan mudah.

Pengujian sesungguhnya pun dimulai, terutama soal perfoma dan handling. VIVAnews langsung menjajal Jazz RS untuk dibawa berkeling kota Jakarta.

Masih mempercayai mesin i-VTEC 1.497cc 4 silinder yang mampu menyemburkan 120 dk pada 6.600 rpm, dan torsi 143 Nm di 4.800 rpm. Kemampuan berlarinya tidak mengecewakan.

Mesin ini merupakan kombinasi antara teknologi VTEC dengan drive by wire, untuk presisi dalam akselerasi dan efisiensi bahan bakar. Ada juga torque boostresonator yang berfungsi untuk meningkatkan torsi pada putaran bawah dan tenaga di putaran atas.

Jazz RS bisa melaju 0–100 km/jam dalam 11,1 detik. Performa ini diperoleh berkat perpaduan teknologi i-VTEC, torque boost resonator, dan lapisan di dinding piston yang mampu mengurangi gesekan mesin.

Handling Jazz begitu luwes dan mengasyikkan dikendarai. Ayunan empuk suspensinya tidak membuat kenyaman terganggung.

Test drive New Jazz

Untuk urusan yang satu ini tampaknya sangat penting bagi para konsumen. Angka konsumsi BBM cukup menggembirakan. Peran transmisi otomatis 5-percepatan memberi kontribusi yang baik dalam hal konsumsi bahan bakar. Tercatat rata untuk rute kombinasi menyentuh 11,8 km/liter.

Meski begitu, Jazz masih memiliki kekurangan mulai dari kesenyapan kabin, tidak ada audio control di kemudi setir, dan belum dilengkapi fitur ECON, teknologi pintar untuk mengubah sistem pengendaraan yang memaksimalkan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen --tergantung dari kondisi jalan maupun cara berkendara.

Namun dengan banderol Rp231 juta (Jazz RS tipe AT) On the Road Jakarta, dinilai cukup pantas dan sebanding dengan keunggulan yang ditawarkan oleh Honda. (umi)
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno

Nama Eddy Suparno Masuk Bursa Calon Menteri dari PAN, Pengamat Bilang Begini

Ketum PAN Zulkifli Hasan menyebut beberapa kader PAN yang siap menjadi menteri kabinet Prabowo, diantaranya Eddy Soeparno, Asman Abnur, Saleh Daulay hingga Yandri Susanto

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024