Persaingan MPV Bakal Direcoki Pendatang Baru Asal Tiongkok

Avanza Luxury.
Sumber :
  • Foto: Istimewa

VIVA.co.id - Pasar otomotif, khususnya di kelas MPV bakal kedatangan tamu. Sebuah perusahaan asal Tiongkok siap menghadirkan mobil baru sebagai penantang Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Pabrikan mobil dengan merek Sokon ini cukup serius untuk melirik pasar otomotif di Indonesia. Terbukti, mereka telah memulai membangun pabrik di Tangerang, Banten, sejak November 2014.

Dengan payung PT Sokonindo Automobile, perusahaan otomotif asal Tiongkok ini akan ikut merecoki persaingan Avanza, Xenia, dan Suzuki Ertiga yang kini mendominasi di Indonesia.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Menurut Komisaris PT Sokonindo Automobile, Alexander Barus, pabrik ini akan mulai beroperasi pada November 2015 dengan nilai investasi US$150 juta.

"Saat ini, tahap pembangunan 40 persen. Lokasi pabrik kami pakai Sanex, karena motor Sanex sudah tak produksi, jadi kita pakai. Karena kecil, kami buat empat tingkat, untuk mesin sudah tiba di Priok, mesin utama sedang uji coba di China," kata Alexander, di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Sebagai catatan, di Tiongkok, Sokon telah mampu memproduksi sebanyak 400 ribu unit per tahun. Rencananya, Sokon juga akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi.

"Produksi kami ini kalau di China 400 ribu unit per tahun. Untuk di Indonesia, tahap pertama ini kapasitas 50 ribu unit. Kami akan produksi mobil MPV dan yang jelas, lebih besar sedikit dari Avanza," kata Alexander.

Jenis mobil yang diproduksi diesel 1.300 cc dan 1.500 cc untuk bahan bakar bensin. Saat ini, seluruh suku cadang didatangkan dari Tiongkok, namun dalam lima tahun ke depan ditargetkan 80 persen suku cadang dibuat di Indonesia. (art)

Avanza-Xenia Keluaran 2012 Paling Banyak Diburu, Kenapa?
Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Pemerintah tidak akan membocorkan rahasia perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016