Ini Alasan Delica Tidak Laku di Kalimantan

Sosok Mitsubishi Delica di Pulomas, Jakarta Timur, Selasa (16/9/2014).
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Tak hanya menjual mobil komersial atau niaga saja, dalam kurun beberapa tahun belakangan ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), agen tunggal pemegang merek Mitsubishi, juga gencar mendatangkan passenger car atau mobil penumpang.

Beberapa mobil penumpang yang menjadi andalan Mitsubishi di antaranya Pajero Sport, Mirage, Outlander dan Delica. Dari keseluruhan model tersebut, diakui penjualan Delica masih minim, termasuk di kawasan Kalimantan, khususnya Kalimantan bagian Timur dan Utara.

Padahal, mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) tersebut memiliki kemampuan layaknya sebuah SUV (Sport Utility Vehicle).

VIDEO: Teaser Mobil Konsep Mitsubishi Penantang Avanza

Baca juga:

Penjualan yang tergolong kecil itu diakui oleh Coordinator Area PT Mandau Berlian Sejati, diler resmi Mitsubishi wilayah Kalimantan Timur dan Utara, Surono R.A, kepada wartawan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu malam 12 Agustus 2015.

Surono mengaku, alasan kecilnya penjualan Delica dikarenakan bukan tak ada peminat, melainkan kurangnya SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) dengan nilai oktan di atas 91, baik Pertamax atau Pertamax Plus.

"Bukan karena modelnya, tapi karena bahan bakar tidak tersedia. Bahkan ada konsumen yang mau beli mobil Delica, tapi mereka maunya bahan bakar solar," kata Surono.

Surono menyatakan, wilayah Kalimantan Timur dan Utara bukan tak memiliki jenis BBM Pertamax atau Pertamax Plus. Akan tetapi, SPBU yang menjual jenis BBM tersebut hanya terdapat di kota-kota besar, itu pun dalam jumlah yang terbatas.

Pamerkan 23 Mobil Baru di IIMS, Honda Klaim Banjir Pesanan

Sedangkan untuk produk Delica sendiri, Surono menyatakan tak ada masalah. Bahkan, kata dia, desain Delica yang terkesan mewah dan gagah serta memiliki performa mumpuni, sangat cocok digunakan di wilayah yang memiliki kontur jalan menanjak dan turunan.

Baca juga:

Mitsubishi Mirage Baru Siap Hadir, Ini Keluhan Konsumen

"Karena mobil Delica itu biasanya dipakai untuk para owner atau juga digunakan penjemputan para tamu. Di semester satu lalu, kami menjual enam unit Delica," ucapnya.

Saat dikonfirmasi mengenai permintaan konsumen akan Delica bermesin diesel, Operating General Manager MMC Marketing Division, Irwan Kuncoro, menyatakan, mobil Delica berbahan bakar solar belum direncanakan bakal meluncur di Indonesia.

Toyota Calya

Belum Lama Meluncur, Penjualan Calya Sudah Salip Agya

Kisaran harga Calya antara Rp129,65 - 150 juta.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016