Cegah PHK Massal, Suzuki Terapkan Sistem Ini

Pabrik Suzuki di Indonesia
Sumber :
  • Herdi/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Deputy 4 Wheel Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy J Tuilan mengatakan, Suzuki tak mengurangi pegawai atau PHK meski kondisi perekonomian nasional sedang sulit.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Davy meyakini, meski permintaan konsumen akan mobil baru sedang menurun, namun Suzuki masih sanggup menangani hal tersebut, tanpa harus melakukan PHK pada para pekerja atau mengurangi shift kerja.

"Akan tetapi, mungkin, tadinya ada lembur, sekarang jadi tidak ada lembur," ujar Davy, Selasa, 15 September 2015.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Menurut dia, dengan turunnya angka penjualan mobil, Suzuki hanya memperlambat ritme kerja proses produksi. Misalnya, jika biasanya dalam waktu tiga menit sekali Suzuki bisa membuat satu mobil, maka kali ini mobil yang diproduksi akan selesai dalam waktu 3,5 hingga lima menit sekali.

Dengan mengurangi ritme kerja, Suzuki tak perlu melakukan pengurangan kerja. Sebaliknya, para karyawan bisa lebih sedikit santai dan tetap melakukan pekerjaannya dalam waktu delapan jam.

Kepala Desain Mobil General Motors Resmi Pensiun

Davy mengatakan, hingga saat ini, Suzuki termasuk perusahaan otomotif yang masih mampu bertahan di tengah krisis yang menimpa perekonomian Indonesia.

(mus)

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Pemerintah tidak akan membocorkan rahasia perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016