'Tidak Benar Mobil di Indonesia Berkualitas Buruk'

Kantung udara (airbag).
Sumber :
  • Amazine
VIVA.co.id
Fortuner dan Innova Diuji Tabrak, Ini Hasilnya
- Pernyataan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang menyebut, mobil yang ada di Indonesia dinilai keliru. Sebab, mobil-mobil yang dibuat di Indonesia dinilai telah sejajar dengan mobil hasil produksi negara lain.

Ini Hasil Uji Tabrak Etios Liva

“Mobil yang dijual dan diproduksi di Indonesia telah dilakukan pengujian. Bahkan, mobil yang dibuat di Indonesia, bukan hanya untuk pasar lokal, tetapi juga internasional. Jadi, tidak benar apa yang dikatakan KNKT, jika mobil di Indonesia berkualitas buruk,” kata Ketua Global Road Safety Partnership Indonesia, Iskandar Abubakar, saat berbincang dengan
Honda Jazz Baru Kantongi Lima Bintang Saat Uji Tabrak
VIVA.co.id , Kamis 22 Oktober 2015.


Sebagai bukti, kata dia, mobil-mobil yang dibuat di Indonesia, bahkan juga diekspor ke luar negeri dan diminati. Setidaknya, mobil-mobil itu, bahkan masuk dan dijual di sejumlah negara ketat akan keselamatan, seperti Jepang salah satunya.


Iskandar mengatakan, meski dibuat di Indonesia, mobil-mobil tersebut tetap memperhitungkan berbagai standar unsur keselamatan.


“Lihat saja, produksi mobil-mobil Jepang itu juga sudah tersebar di berbagai dunia, termasuk di Indonesia dan Thailand. Namun, kenapa tidak hanya diproduksi di Jepang, karena upah buruh di sana mahal, makanya di buat di beberapa negara, termasuk Indonesia,” katanya.


Dia sendiri merasa heran dengan pernyataan KNKT yang menyebut jika kendaraan di Indonesia tak aman. Sebab, KNKT tak menyebutkan data yang menguatkan penilaian mereka. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya