Sedan Mewah Baru Volvo Resmi Diluncurkan

Sumber :
  • Dok: Volvo

VIVA.co.id - Pabrikan mobil asal Swedia, Volvo, akhirnya resmi menghadirkan generasi terbaru dari S90. Sedan mewah berukuran bongsor ini akan bersaing ketat dengan Mercedes-Benz E-Class dan BMW 5 Series.

Merek-merek Mobil Ini Tengah 'Mati Suri' di Indonesia?

Dilansir dari situs resmi Volvo, Kamis 3 Desember 2015, Volvo merancang S90 dengan desain yang lebih aerodinamis, namun tetap terlihat elegan. Mobil ini diklaim memilik hambatan udara hanya 0,28-0,29 Coefficient of drag (Cd).

Hasilnya, mesin tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar untuk bisa melaju di jalan bebas hambatan, dan tingkat kebisingan juga bisa ditekan seminim mungkin.

Bos Indomobil: Volvo Barang Bagus tapi Mahal

Desain eksterior S90 anyar ini adalah perpaduan dari generasi terbaru XC90 (Volvo model sport utility vehicle atau SUV) dengan model konsep Volvo Concept Coupe.

Ciri khas lampu yang dilengkapi dengan day time running light (DRL) berbentuk 'Palu Thor' juga disematkan pada mobil ini. Sementara untuk lampu belakang, desainnya dibuat menyerupai huruf 'C'.

Volvo Klaim Bisa Hapus Angka Kematian Akibat Kecelakaan

Mobil ini memiliki panjang 4,9 meter, lebar 1,89 meter dan tinggi 1,44 meter. Dengan dimensi yang besar, Volvo mengklaim penumpang dapat duduk dengan nyaman selama perjalanan.

Interior S90 tidak jauh berbeda dengan XC90, mulai dari desain hingga kelengkapan. Layar 12 inci yang berfungsi menggantikan panel instrumen dapat menampilkan berbagai informasi penting seputar kondisi mobil.

Untuk sistem hiburan, tersedia layar sentuh berukuran sembilan inci di konsol tengah. Konsol tengah dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan pengemudi mengatur berbagai macam tombol.

Volvo menyediakan dua pilihan mesin untuk S90, yakni T6 dan T8. Keduanya sama-sama terdiri dari empat silinder dan berkapasitas 2.000cc. Namun T8 dilengkapi dengan motor listrik yang cara kerjanya sama seperti mobil hibrida.

Yang unik dari dua mesin ini adalah adanya teknologi baru dalam hal pasokan udara untuk pembakaran. Mesin dilengkapi dengan dua pendorong turbocharger, namun cara kerjanya berbeda dengan turbo pada umumnya.

Untuk memutar kipas turbo, Volvo menggunakan teknologi electric supercharger, sehingga mesin ini biasa disebut juga dengan mesin turbocharger-supercharger.

Keuntungan dari teknologi ini adalah tenaga dan torsi mesin bisa didapat dari putaran mesin yang rendah. Sekedar informasi, mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 320 daya kuda dan torsi 400 Newton meter.

Tidak lupa, Volvo juga memasang berbagai fitur canggih pencegah kecelakaan terbaru rancangan mereka. Sistem ini memiliki setengah dari kecanggihan mobil otonom, dan dapat beroperasi hingga kecepatan 130 kilometer per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya