Pikap Daihatsu Hi-Max Diklaim Siap Terjang Banjir

Mobil pikap Daihatsu Hi-Max.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menjadi pendatang baru di kancah kendaraan komersial, Daihatsu Hi-Max diklaim sangat cocok untuk pasar Indonesia. Selain dibanderol dengan harga terjangkau, yakni Rp95-103 jutaan, mobil ini juga disebut mampu menerjang banjir.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Menurut Executive Chief Engineer Daihatsu Motor Corporation (DMC) Sakamoto, saluran isap udara Hi-Max telah dilengkapi dengan snorkel yang mengarah ke atas.

"Saat ada gelombang air dari kendaraan arah berlawanan, itu bisa 1,5 kali air naiknya. Tapi, snorkel ini letaknya di bak belakang, jadi tetap aman," ujarnya saat ditemui di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Kamis 10 November 2016.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Sakamoto juga mengungkapkan, umumnya, snorkel yang terlihat seperti belalai gajah ini biasanya disimpan di bagian bawah bangku, bersama dengan mesin.

?Hanya saja, ketinggian air yang bisa dilalui ‘adik’ dari Gran Max ini ada batasnya. Sebab, Daihatsu hanya melakukan uji melintasi genangan dengan ketinggian 60 sentimeter saja.

Ribuan Tesla Cybertruck Alami Masalah Pedal Gas

Sekadar informasi, pikap ini memiliki panjang 3.395 milimeter, lebar 1.475 mm, tinggi secara keseluruhan 1.770 mm, serta panjang sumbu roda 1.900 mm. 

Sedangkan untuk bagian bak, panjangnya mencapai 1.935 mm, lebar 1.395 mm dan tinggi 285 mm.? Daya angkut pikap ini antara 740-1.000 kilogram.

Hi-Max juga diklaim irit bahan bakar, karena telah dilengkapi mesin tiga silinder berkapasitas 998cc. Tenaga yang dihasilkan yakni 57 daya kuda dan torsi maksimum 85 Newton meter.

Saluran isap udara mesin Daihatsu Hi-Max

Saluran isap udara mesin Daihatsu Hi-Max (Foto: VIVA.co.id/Herdi Muhardi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya