Toyota-Mazda-Isuzu Kongsi Bikin Mobil Pikap

Pikap BT-50 2016.
Sumber :
  • Caradvice

VIVA.co.id – Tiga perusahaan asal Jepang, Mazda, Toyota dan Isuzu berkongsi mengembangkan dan juga memproduksi generasi terbaru dari mobil pikap BT-50. Hal itu disampaikan secara langsung oleh Kepala Research dan Development (R&D) Mazda, Kiyoshi Fujiwara pada ajang pameran Los Angeles Auto Show.

Video Penumpang Pikap Pakai Helm, Tetap Kena Tilang Polisi

Kendati demikian, Fujiwara enggan berkomentar secara detail perihal kerja sama tersebut. Ia hanya mengatakan sampai saat ini pihaknya terus bertukar ide dan juga pikiran untuk mengembangkan mobil pikap itu. Jika benar terjadi, hal ini tentunya semakin menambah daftar perusahaan yang ikut beraliansi untuk mengembangkan mobil.

"Sayangnya, saya tidak bisa mengatakan topik yang berkaitan dengan proyek Toyota. Namun kami sekarang terus bertukar teknologi dan budaya perusahaan, serta menjelajahi hubungan dengan baik," katanya seperti dikutip Motoring, Selasa 22 November 2016.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Fujiwara mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan kerja sama dengan Toyota untuk membuat kendaraan bersama. Ini dilakukan untuk memperkuat keduanya di berbagai sektor. Sebagai contoh, kata dia, Mazda dan Toyota saat ini telah bekerja sama dalam pengembangan mobil yang berbasis elektrifikasi dan konektivitas sebagai dua bidang utama perusahaan yang akan dimaksimalkan lagi.

"Contohnya mobil hibrida, Toyota kesulitan karena sistemnya yang sangat rumit. Jika kita bisa terus mengembangkan efisiensi dari SKYACTIVE atau teknologi powertrain Mazda, kita hanya perlu cahaya atau  hibrida ringan untuk solusi untuk memenuhi target emisi," ujarnya.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Sementara itu, terkait kerja sama dengan Isuzu, Fujiwara mengatakan Mazda sudah lama bekerja sama dengan Isuzu melalui kendaraan komersial di pasar Jepang. Rencananya, dalam waktu dekat keduanya juga akan melakukan kerja sama lagi untuk menciptakan mobil BT-50 terbaru.

"Global produk Mazda untuk kendaraan komersial tidak besar. Maka dari itu, kami mencari kolega untuk diajak bekerja sama. Isuzu dipilih karena saya melihat, mereka sangat bagus dan sama halnya seperti saya percayakan kepada Ford dulu." 

"Saya baru saja mengunjungi Hokkaido dan berbicara dengan orang-orang Isuzu. Kami telah memberikan mereka persyaratan, sehingga mereka dapat mengembangkan mobil Mazda BT-50 baru hasil kerja sama kami,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya