Mau Mobil Aman dari Pencuri, Pasang Kaca Film Anti-pecah

Ilustrasi kaca film mobil.
Ilustrasi kaca film mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Tingkat kejahatan seperti pencurian mobil di sejumlah ibu kota terbilang cukup tinggi. Salah satu modus yang kerap digunakan adalah dengan cara memecah kaca samping menggunakan pecahan busi yang sudah basah. Cukup dalam hitungan detik dan tanpa suara, pelaku dapat menggondol barang berharga di dalam mobil dengan mudah.

Namun jangan khawatir dengan momok tersebut. Sebab kini sudah ada kaca film anti-pecah yang dijual di pasaran dan dapat meminimalisir terjadinya pecah kaca dengan modus yang sama.

"Kaca film anti-pecah itu ada, kami sediakan, tapi enggak terlalu banyak diminati karena harganya cukup mahal. Akhirnya kaca film anti-kampak ini dipasang kebanyakan di gedung, tidak di mobil," kata April, pedagang aksesori mobil dari V-Two Film, di MGK, Kemayoran, saat ditemui VIVA.co.id di bengkelnya.

April menjelaskan, kaca film tersebut membantu meminimalisir terjadinya pecah kaca. Bahannya cukup tebal, yakni empat milimeter, dan dianggap tahan pecah. "Saya pernah ikut demo pemasangan kaca film anti-kampak itu, yang merek 3M ukuran 4 milimeter ya. Saya pasang di gedung, nunggu sampai dua minggu biar menyatu sama kacanya. Begitu sudah menyatu, dan dibanting, itu aman. Kalau yang ukuran (tebalnya) 4 milimeter itu sekira lima kali pukul baru retak saja dan enggak langsung pecah," ujarnya. 

Namun, sambung April, meski fungsinya dirasakan cukup baik dalam mengatasi tindak kejahatan yang saat ini banyak beredar, penggunaan kaca film ini biasanya hanya dipasang di mobil-mobil mewah saja. "Soalnya, pemilik mobil orang-orang penting dan harus mendapat proteksi yang lebih, paling Mercy, BMW saja," tuturnya. 

Soal harga, untuk satu paket mobil sedan yang memiliki lima bangku, dibanderol dengan biaya Rp4 juta. "Harga itu sudah termasuk pemasangan yang bagus dan susah, karena lebih tebal. Jadi pakai yang 4 milimeter lah. Sedangkan kalau yang SUV bisa Rp5 juta atau lebih."