Toyota Kenalkan Mobil Tanpa Sopir

Mobil otonom Toyota
Sumber :
  • autoguide.com

VIVA.co.id – Sejumlah produsen otomotif mulai mengembangkan kendaraan masa depan, yaitu mobil otonom alias mobil tanpa sopir. Produsen mobil asal Jepang, Toyota, memperlihatkan mobil tanpa sopir pertamanya yang dikembangkan oleh Toyota Research Institute (TRI). 

Auto2000 Siapkan SDM Hadapi Era Kendaraan Elektrifikasi

Diperkenalkan dalam gelaran Prius Challenge, Sonoma, California, teknologi otonom itu dibangun pada mobil hybrid Lexus LS600hl. Mobil itu disebut dirancang lebih fleksibel dan memiliki fitur drive by wire yang lebih kuat. 

Dilansir Autoguide, Senin, 6 Maret 2017, mobil otonom Toyota berbekal fitur sistem LIDAR atau radar dan sensor kamera sehingga tidak bergantung pada kebutuhan peta yang canggih. LIDAR juga bisa digunakan untuk mengetahui daerah yang belum terpetakan, sehingga mobil berjalan secara otomatis. 

Modifikasi Pelek Mobil Bergaya Racing dan Retro Kini Semakin Mudah

Tak seperti kendaraan otonom pada umumnya, Toyota tidak sepenuhnya mengandalkan sistem automasi. Pabrikan itu tetap memberikan kepercayaan pada sopir dengan fitur Guardian Systems. 

Guardian Systems adalah sopir tingkat tinggi membantu sistem yang secara konstan memonitor lingkungan mengemudi dalam dan di luar kendaraan. Tujuannya untuk selalu siap mengingatkan pengemudi dari potensi bahaya dan membantu menghindari terjadinya kecelakaan. 

Kakorlantas Blak-blakan Ungkap Kemungkinan Tersangka Lain Kasus Kecelakaan Bus di Subang

"Pada dasarnya ini adalah kendaraan pintar yang dirancang lebih cerdas dari waktu ke waktu. Mobil ini akan belajar kebiasaan pengemudi. Kami percaya Guardian Systems dapat digunakan lebih cepat dan lebih luas dari jangkauan sopir," kata CEO TRI Gill Pratt. 

Verrell Bramasta.

Verrell Bramasta Hadiahi Bunda Sarni Mobil Mewah, Netizen Tersentuh

Dalam video tersebut, terlihat Bunda Sarni sangat bahagia menerima kejutan dari Verrell Bramasta.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024