Komponen Mobil yang Biasanya Cepat Rusak Usai Dipakai Mudik

Aksesori roof box di atap mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Menggunakan mobil sewa menjadi pilihan alternatif bagi sebagian masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Namun, jangan lupa, setelah melakukan liburan, apalagi mengendarai mobil dengan perjalanan jauh. Karena, membuat kondisi mobil menjadi jauh menurun. Jadi, diperlukan perawatan khusus untuk mobil yang telah melakukan perjalanan jauh.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut pemilik rental mobil Mutiara Autorent Muhamad Muzofar, masalah yang kerap ditemui pada mobil-mobil sewaannya adalah bagian kaki-kaki. "Kalau problemnya di kaki-kaki, biasanya kami setel ulang saja," kata Muzofar kepada VIVA.co.id di Jakarta, Jumat 30 Juni 2017.

Selain kaki-kaki, perawatan yang akan dilakukan biasanya mengecek pelat kopling. Seperti diketahui fungsi kopling untuk mengendalikan laju mobil, baik maju, mundur atau menambah dan mengurangi tingkat percepatannya. Pelat kopling biasanya aus, seiring dengan bertambahnya usia pemakaian. Bisa juga karena faktor pemakaian yang terus menerus tanpa henti dan cara penggunaan yang tidak sesuai.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Mobil rental dipakai mudik biasanya yang rusak pelat kopling. Kalau rusak, ya diperbaiki, ya kalau enggak, ya diganti," ujarnya.

Agar mobil sewa kembali mulus, kata dia, pihaknya melakukan pemolesan pada bagian bodi mobil. Biasanya kata dia, pihaknya bekerja sama dengan bengkel rekanan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Di kami, treatment dilakukan untuk mobil di bawah tahun 2016. Biasa hanya poles, atau wax saja biar kinclong. Kalau kerusakan (komponen) muncul, karena faktor medan jalannya, atau pun cara mengemudi," kata dia. (asp)
 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022