Fakta-fakta Ertiga Terbaru yang Berubah Drastis

Rendering Suzuki Ertiga terbaru (2018).
Sumber :
  • Indianautosblog

VIVA – Suzuki terus menyiapkan kelahiran salah satu produk mobil keluarga andalannya, Ertiga. Jelang peluncuran, mobil berkapasitas tujuh penumpang itu terus kepergok melakukan sejumlah pengujian di jalan raya. Meski tertutup kamuflase namun guratan perubahannya bisa tergambar jelas.

Semua Mobil Suzuki Diganjar Diskon Besar Sampai 5 Hari ke Depan

Kali ini VIVA coba merangkum apa saja fakta-fakta terhadap Ertiga terbaru yang rencananya meluncur tahun ini. Apa saja?

Fakta pertama adalah wujudnya yang bakal bertambah panjang. Hal itu karena pilar C atau baris ketiga dibuat lebih luas. Artinya penumpang di baris ketiga nantinya tak akan merasa kesempitan.

Ada Promo Menarik Tukar Tambah Mobil di JAW 2022

Sebagai catatan, untuk model yang saat ini beredar, Ertiga punya panjang 4.296 milimeter, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm dengan wheelbase 2.740 mm. Demikian fakta yang disampaikan Gaadiwaadi.

Ertiga terbaru kepergok tengah diuji coba.

Mobil Pesaing Avanza dan Xpander Dijual Mulai Rp201 Jutaan

Fakta kedua dimensi Ertiga juga akan bertambah besar. Dilansir Rushlane, salah satu perubahan besar yang dilakukan Suzuki pada Ertiga adalah dimensinya. Selain lebih panjang, Ertiga baru juga bakal lebih lebar, agar penumpang bisa duduk lebih nyaman dan lega.

Ubahan ini membuat publik bertanya-tanya, apakah Suzuki berniat menaikkan level Ertiga dari low MPV menjadi MPV biasa. Sebab, ukuran Ertiga terbaru disebut-sebut mirip dengan mobil andalan Toyota, yakni Innova. Meski dimensinya lebih besar, Ertiga baru dipercaya akan lebih irit dalam pemakaian bahan bakar.

Fakta ketiga, Ertiga generasi terbaru diperkirakan akan masuk ke ruang pamer pada pertengahan 2018. Pada saat itu pula, Ertiga juga akan tiba di Indonesia. Disinyalir mobil ini akan debut pada Agustus 2018, atau bertepatan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Fakta keempat, selain eksterior, interior juga bakal jadi bidikan Suzuki untuk melakukan ubahan. Sedianya interior Ertiga baru akan terlihat sangat mirip dengan All New Swift, kecuali penentuan skema warna khas dengan tujuan membuat kabin Ertiga terlihat elegan.

Ertiga terbaru tengah diuji coba.

Fakta kelima, sisi belakang Suzuki Ertiga 2018 mendapatkan revisi yang cukup banyak. Mobil yang sementara berkode Maruti YHA ini memang punya kaca belakang dan bentuk belakang yang tak hanya berbeda dari model saat ini, namun juga terlihat lebih gemuk.

Yang menarik adalah penggunaan lampu belakang yang punya housing tak terlalu besar, namun sudah menggunakan teknologi LED untuk stoplamp-nya. Selain stoplamp yang sudah menggunakan LED, high mount stop lamp dari Suzuki Ertiga 2018 ini juga sudah menggunakan teknologi serupa.

Dikembangkan di India

Fakta keenam, India menjadi pusat riset dan pengembangan untuk Suzuki Ertiga 2018. Maka jangan heran bila Ertiga terbaru justru tepergok uji jalan di sana.

Kendati begitu belum diketahui apakah Ertiga terbaru masih mempertahankan mesin K14B berkapasitas 1.400 cc yang dipakai saat ini. Sebab di pasar India, Suzuki akan fokus pada mesin diesel ketimbang bensin.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Harold Donnel, Section Head 4 Wheel Product Development PT Suzuki Indomobil Sales mengaku belum bisa bicara banyak mengenai informasi tersebut. Walau dirinya tak menampik rencana Suzuki menghadirkan Ertiga terbaru ke Tanah Air.

"Saya belum bisa berbicara tentang itu (Ertiga terbaru). Pasti kita kabari kalau sudah ada berita baik," kata Harold saat dihubungi VIVA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya