Kerugian Modifikasi Mobil Pakai Lampu LED

Lampu mobil kombinasi LED dan HID.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Sejumlah mobil diketahui belum memiliki fitur penerangan seperti halnya mobil premium saat ini. Di mana, banyak mobil modern yang sudah dibekali projektor LED, angel eyes, serta Day Time Running Light (DRL). Namun, bukan berarti penjejalan futur-fitur tersebut tak bisa dilakukan, karena bisa menggunakan peranti aftermarket yang sudah banyak tersedia di berbagai toko aksesori.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Lantas, apakah aman dan apa dampak negatifnya? Menurut Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), untuk melakukan modifikasi headlamp atau foglamp tentu berbahaya, apalagi dibutuhkan watt yang lebih besar. Kata dia, tentu akan membuat mika mudah meleleh, dan bisa terbakar karena terlalu panas.

"Hawa panas yang terlalu besar membuat mika headlamp bisa meleleh. Kalau bisa usahakan satu set headlamp-nya diganti jika ingin menggunakan penambahan angel eyes, projektor LED dan DRL," ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa 18 Oktober 2016.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Menurutnya, kalau sekadar pemasangan angel eyes masih aman. "Menurut saya lebih atraktif atau lebih bagus. Tapi kembali lagi pada pemasangan, kalau sampai custom tetap tidak aman, apalagi ada ubahan kabel," tutur dia.

Ia mengatakan, untuk penggantian bohlam tentu kapasitas wattnya harus disesuikan dengan tingkat keamanan mika. "Jadi setiap mika dari pabrikan itu sudah disesuaikan dengan kapasitas watt lampu," tambahnya.

Kendaraan Komersial ini Dimodifikasi dengan Ciamik

Lampu rem konsep BMW berteknologi OLED

Dia lalu mencontohkan, untuk lampu dekat Avanza dan Veloz sebesar 55 watt, dan lampu jauhnya sekira 56 watt. Katanya, apabila diganti dengan watt melebihi angka di atas, mika headlamp akan cepat buram atau kuning, lantaran hawa panas yang dihasilkan lebih besar.

Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Hadiah yang diberikan kepada pengunjung Kustomfest 7-8 Oktober 2023 yang beruntung berupa mobil kustom bergaya pikap flat deck. Mobilnya berbasis sedan Toyota Crown 1982

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2023