Komparasi Honda PCX Baru Vs Yamaha NMAX

Honda PCX
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Pasar sepeda motor jenis skuter matik di Indonesia semakin marak dengan kehadiran Honda PCX. Masuk dalam kategori skutik premium, motor buatan PT Astra Honda Motor ini dijual mulai Rp27,7 juta.

Tampangnya Mirip Yamaha NMax, Motor Baru Ini Dijual Rp19 Jutaan

Berbeda dari PCX generasi sebelumnya, versi terbaru ini sudah dirakit di dalam negeri. Itu sebabnya harga jual PCX edisi lokal ini jauh lebih murah ketimbang generasi lawas yang diimpor dari luar negeri.

Kehadiran PCX disebut-sebut adalah jawaban Honda atas skutik premium Yamaha yang sudah melenggang di Tanah Air sejak beberapa tahun lalu, NMAX.

Wanita Berhijab Ini Naik Motor Jakarta-Aceh Selama 17 Hari

Sebelum PCX baru dipamerkan, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing telah lebih dulu mengenalkan generasi terbaru NMAX.

Bicara soal spesifikasi, kedua motor ini tidak jauh berbeda. PCX memiliki dimensi panjang 1.923 milimeter, lebar 745 mm, tinggi 1.170 mm, dan jarak terendah ke tanah 173 mm.

Penasaran, Ada yang Baru pada Yamaha NMAX

Honda PCX baru lengkap dengan aksesori resmi

Honda PCX

Sedangkan, dimensi NMAX yakni panjang 1.955 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.115 mm, dan jarak terendah ke tanah 135 mm.

Secara teori, manuver PCX lebih lincah berkat jarak sumbu roda 1.313 mm, sementara NMAX 1.350 mm. Namun, bobot PCX lebih berat lima kilogram ketimbang NMAX (keduanya versi ABS).

Kapasitas tangki bahan bakar PCX mencapai delapan liter, lebih banyak dari NMAX yang hanya 6,6 liter. Pengendara tidak akan merasa ada perbedaan saat duduk di atas kedua motor ini, karena selisih tinggi jok keduanya hanya satu mm saja.

Lingkar roda PCX 14 inci, sedangkan NMAX 13 inci. Namun, ban yang dipasang pada NMX lebih besar ukurannya, yakni 110 untuk depan dan 130 untuk belakang. Ukuran ban PCX yakni 100 untuk depan dan 120 di belakang.

Masuk ke bagian mesin, sumber penggerak NMAX kapasitasnya sedikit lebih besar, yakni 155 cc. Honda memasang mesin 150 cc pada PCX baru.

Test ride Yamaha NMax 2018.

Yamaha NMAX

Tak heran jika tenaga yang dihasilkan keduanya berbeda, Mesin NMAX mampu mengeluarkan tenaga 14,88 daya kuda dan torsi 14,4 Newton meter.

Sementara, mesin PCX menghasilkan tenaga 14,4 daya kuda dan torsi 13,2 Nm. Dengan bobot yang lebih berat, tentu akselerasi PCX kalah tipis dengan NMAX. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya