Komponen Motor Wajib Diperiksa Usai Dipakai Mudik

Seorang montir tengah melakukan servis sepeda motor.
Sumber :
  • Foto: Dok Astra Motor

VIVA – Usai menempuh perjalanan jauh saat mudik, motor pasti mengalami penurunan performa. Karena itu ada beberapa faktor yang harus diperhatikan terkait kondisi motor usai dipaksa 'bekerja keras'.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta, Muhammad Abdul Wakhid mengatakan, saat mudik, motor sudah pasti bekerja maksimal, terlebih digunakan dalam situasi jalan yang macet parah. Adapun yang perlu diperiksa adalah kondisi oli mesin.

"Hal pertama yang perlu diperiksa ialah oli. Perhatikan apakah oli masih sesuai standar, karena oli memiliki fungsi melumasi, mendinginkan serta mencegah karat, sehingga komponen ini perlu diperiksa kembali setelah menempuh perjalanan jauh,” katanya kepada VIVA.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Tak cuma itu, memeriksa ulang kondisi rem dan lampu wajib dilakukan karena kedua komponen tersebut selalu digunakan saat menempuh perjalanan jauh. “Lalu sistem rem apakah berfungsi dengan baik untuk depan dan belakang itu wajib untuk diperiksa. Cek kondisi lampu, pastikan fungsinya bagus untuk depan dan belakang,” ujar Muhammad.

Selain itu, kondisi ban juga harus diperhatikan karena perjalanan jauh tentu saja memengaruhi kondisi ban yang digunakan. Tidak lupa juga untuk memeriksa setelan gas, agar kondisi kendaraan lebih optimal.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

“Kenapa harus diperhatikan karena apabila setelannya kekecilan pasti motor mati-mati kalau kebesaran nanti susah untuk dikendalikan, terlebih pada saat mesin panas, karena gas biasanya akan naik,” kata Muhammad.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022