Motor Jokowi Sempat Ganti Konsep, Mana yang Lebih Keren?

Presiden Jokowi touring naik motor custom
Sumber :
  • Biro Pers Kepresidenan

VIVA – Presiden Joko Widodo mempunyai ketertarikan khusus dengan motor custom. Saat ini, mantan gubernur DKI Jakarta itu memiliki dua motor dengan gaya berbeda.

Komparasi Sepeda Motor Retro: Kawasaki W175 vs Yamaha XSR 155

Motor pertama basisnya dari Royal Enfield Bullet 350, yang dibuat bergaya chopper. Sementara, motor kedua diadopsi dari Kawasaki W175 garapan bengkel Katros Garage.

Penampakan motor custom keduanya itu pertama kali terlihat publik, saat Jokowi melakukan jalan-jalan di hari Minggu, atau biasa dikena  keliling Kota Tangerang, Minggu 4 November 2018.

Kawasaki Luncurkan Tiga Motor Bernuansa Retro, Kapan Bisa Dibeli?

Motor berkelir hijau itu sudah mengalami dua kali proses custom. Pertama kali yakni pada Agustus 2018, di mana saat itu motor mengusung gaya tracker.

Modifikasi Kawasaki W175 milik Presiden Jokowi

Kerennya Kawasaki W175 Baru, Harga Mulai Rp33 Jutaan

Seperti yang disampaikan builder Katros Garage, Andi Akbar. Dia mengatakan, waktu itu Jokowi minta pengerjaan motornya dipercepat, untuk digunakan di salah satu agendanya. Maka, konsep awal harus dirombak.

Kini, tampilan motor berubah menjadi bobber, yang merupakan konsep awalnya. Ubahan terlihat dari setang, awalnya tinggi dan panjang, sekarang lebih rendah dan dimensinya pendek.

Selain itu, yang awalnya masih menggunakan peredam kejut tabung di bagian belakang, kini komponen tersebut absen. Sasisnya juga dirombak ulang, posisi jok belakang yang awalnya sejajar dengan tangki, sekarang lebih rendah.

“Modelnya jauh beda dari awal, warnanya tetap hijau sesuai STNK. Dan yang spesial itu akan jadi salah satu motor custom basic W175 rigid pertama, jadi enggak pakai shockbreaker belakang,” ujarnya kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Kawasaki W175 milik Presiden Joko Widodo

Sementara, suspensi depan tetap pakai up-side down milik Yamaha Xabre. “Biayanya lebih murah dari motor chopper Jokowi yang basisnya Royal Enfield Bullet 350,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya